Rabu 18 Sep 2024 16:16 WIB

Dua Tank Israel Tembaki Konvoi Kemanusiaan, Ini Reaksi Keras WHO

Konvoi yang dipimpin WHO tersebut untuk mendukung pekerja kemanusiaan di Gaza.

Red: A.Syalaby Ichsan
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Foto: EPA-EFE/SALVATORE DI NOLFI
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA — Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Selasa (17/9) mengeluarkan pernyataan yang mengutuk insiden di mana tank Israel menembaki konvoi yang dipimpin WHO di Gaza. Tedros menyebut tindakan tersebut tidak dapat diterima.

“Sabtu lalu, saat kembali dari misi ke Gaza utara, setelah konvoi yang dipimpin WHO mendapat izin dan melewati pos pemeriksaan di jalan pesisir, konvoi tersebut bertemu dengan dua tank Israel,” kata Tedros di X. Dia menjelaskan,  tembakan dilepaskan dari tank-tank tersebut di dekat konvoi.“Beruntung, tidak ada yang terluka,” tambah dia.

Baca Juga

“Luar biasa bahwa meskipun ada risiko keamanan, tim-tim sebelumnya berhasil mencapai Rumah Sakit Al-Shifa untuk mengirimkan pasokan bagi ruang gawat darurat,” ungkap dia.

“Pasokan juga dikirim untuk mendukung fasilitas Bulan Sabit Merah Palestina di utara, termasuk untuk perawatan penyakit tidak menular.” "Tim-tim tersebut juga memfasilitasi rotasi tim medis darurat,” tambah Tedros.