Kamis 19 Sep 2024 05:17 WIB

Misteri Pintu Rahasia Ka'bah yang Serupa Dinding

Ketika pertama kali dibangun, Ka'bah tidak memiliki pintu, atap, atau jendela.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah umat Islam berusaha menyentuh pintu kabah seusai tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (19/5/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Sejumlah umat Islam berusaha menyentuh pintu kabah seusai tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (19/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ka'bah menyimpan catatan sejarah yang panjang tetapi ada serpihan informasi yang kerap luput dari perhatian umat Muslim. Selama ini, Ka'bah dikenal memiliki pintu besar berwarna kuning emas ditampakkan tidak seluruhnya karena tertutupi kiswah.

Pernah beredar foto yang memperlihatkan semacam adanya pintu rahasia yang ditutup dengan batu yang serupa dengan dinding Ka'bah. Namun foto tersebut menunjukkan susunan batu yang tidak sejajar pada dinding Ka'bah.

Baca Juga

Pintu ini menjadi sebuah misteri tersendiri di kalangan umat Muslim karena diyakini adanya pintu kedua Ka'bah. Pintu yang misterius itu terletak di sisi barat. Lantas, seperti apa fakta sejarah sebenarnya?

Para sejarawan, dilansir Arabic Post, mengklaim ketika Ka'bah pertama kali dibangun oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, Ka'bah tidak memiliki pintu, atap, atau jendela. Ka'bah hanya berupa dinding padat yang membentuk kubus tertutup di semua sisi. Dengan kata lain, saat itu belum ada pengaturan untuk memasuki Ka'bah.