Kamis 19 Sep 2024 07:35 WIB

Hadir ke-27 Kali di Yogyakarta, Pameran Yogyakomtek Usung Tema AI

Target pengunjung Yogyakomtek 2024 mencapai 50 ribu orang.

Red: Fernan Rahadi
Pameran Yogyakomtek (ilustrasi)
Foto: Novientyaga Sekar Kinanthi
Pameran Yogyakomtek (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setelah sukses digelar tahun 2023, Pameran IT terbesar Yogyakomtek kembali digelar tahun ini oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Jogja (Apkom Jogja). Tahun ini, Yogyakomtek 2024 akan kembali hadir di Jogja Expo Center (JEC) pada 21-25 September 2024 dengan mengusung tema utama 'Artificial Intelligence (AI) For You'.

Ketua Apkom Jogja, Eka Wibawa, mengungkapkan alasan mengusung tema 'AI For You' dikarenakan saat ini teknologi AI tengah menjadi buah bibir seluruh masyarakat Indonesia. "Karena kami melihat AI ke depannya akan menjadi bagian dari pekerjaan kita. Oleh karena itu, melalui event pameran Yogyakomtek kami ingin memberikan pemahaman mengenai implikasi dan implementasi teknologi AI kepada masyarakat," ujar Eka dalam konferensi pers di Yogyakarta, Kamis (18/9/2024).

Dengan pendekatan event and experience, pengunjung diharapkan lebih mengenal, memahami dan mengalami AI melalui sejumlah aktivitas acara yang disajikan antara lain: Demo Produk Aplikasi AI, Talkshow dan Workshop AI. Di samping itu berbagai acara lain dikemas secara menarik seperti Kompetisi E-Sport, Kompetisi Overclocking, Cosplay, Workshop Fotografi serta pengunjung akan dibuat betah dengan adanya Bazar Buku dan Kuliner.

Tak dapat dipungkiri, event eksibisi yang sarat teknologi informasi (IT) dan satu-satunya yang masih terjaga kerbelanjutan maupun eksistensinya, di level lokal-regional maupun nasional adalah pameran Yogyakomtek. Eka pun menargetkan pengunjung Yogyakomtek 2024 mencapai 50 ribu orang.