Kamis 19 Sep 2024 13:30 WIB

Perpusnas 2025 Tingkatkan Literasi di Wilayah 3T

Perpusnas akan optimalkan peningkatan baca buku.

Red: Erdy Nasrul
Perpusnas memberikan apresiasi kepada masyarakat karena telah berupaya menumbuhkembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.
Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Perpusnas memberikan apresiasi kepada masyarakat karena telah berupaya menumbuhkembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi X DPR RI secara resmi telah menyetujui pagu definitif Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) untuk tahun anggaran 2025 sebesar Rp721.684.480.000 yang nantinya bakal banyak dimanfaatkan untuk program literasi di daerah terluar, tertinggal, dan terpencil (3T).

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa anggaran untuk Perpusnas pada 2025 tidak mengalami penambahan. Namun, dia menekankan pentingnya literasi untuk kemajuan bangsa.

Baca Juga

Dia juga menyampaikan guna meningkatkan kualitas literasi di Indonesia, program layanan perpustakaan berbasis digital dan inklusif, termasuk program bantuan bahan bacaan bermutu untuk 10 ribu perpustakaan desa sangat diperlukan untuk menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia.

"Kami mendukung optimalisasi anggaran terutama di daerah 3T. Program layanan perpustakaan yang inklusif dan berbasis digital, termasuk program perpustakaan di desa-desa, sangat kami dukung," kata Hetifah Sjaifudian.