Kamis 19 Sep 2024 10:57 WIB

Snap Hadirkan Kacamata Augmented Reality Generasi Baru untuk Pengembang

Generasi kelima Spectacles didukung oleh sistem operasi baru yang disebut Snap OS.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Snapchat. Snap Inc mengumumkan versi terbaru kacamata augmented reality (AR) Spectacles.
Foto: EPA
Snapchat. Snap Inc mengumumkan versi terbaru kacamata augmented reality (AR) Spectacles.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Snap Inc mengumumkan versi terbaru kacamata augmented reality (AR) Spectacles pada Selasa (17/9/2024), menegaskan komitmennya pada perangkat wearable yang diyakini akan menjadi salah satu inovasi teknologi masa depan. Snap, yang dikenal dengan aplikasi Snapchat dan filter animasinya, telah menjadi pelopor awal dalam pengembangan AR (teknologi yang memungkinkan penambahan efek digital pada foto atau video di dunia nyata melalui kamera atau lensa).

Spectacles pertama kali diluncurkan pada 2016, tetapi hingga kini belum mampu berkontribusi signifikan pada peningkatan pendapatan Snap. Sementara itu, persaingan industri AR semakin ketat, dengan perusahaan besar lainnya seperti Meta diperkirakan akan meluncurkan kacamata AR pertamanya selama konferensi pengembang Meta Connect 2024 pekan depan.

Baca Juga

Generasi kelima Spectacles didukung oleh sistem operasi baru yang disebut Snap OS. Antarmuka pengguna merespons gerakan tangan dan suara pengguna, serta memahami lingkungan sekitar dengan lebih baik untuk menghasilkan efek AR.

“Kacamata ini juga memiliki bidang pandang yang lebih luas daripada generasi sebelumnya, dan dapat otomatis menyesuaikan kecerahan saat terkena sinar matahari,” kata CEO Snap, Evan Spiegel, seperti dilansir Reuters, Kamis (19/9/2024).