Kamis 19 Sep 2024 13:57 WIB

Jokowi Minta Ponpes Kawal Transisi Pemerintahan Baru

Pesan ini disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri pertemuan dengan para kiai muda

Red: Hasanul Rizqa
Presiden Jokowi.
Foto: Dok Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Istana
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada para pengasuh pondok-pondok pesantren (ponpes) agar ikut mengawal kelancaran transisi pemerintahan pada Oktober 2024 mendatang. Hal itu disampaikan pengasuh Ponpes Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, kepada awak media.

Pada hari ini, Kepala Negara menghadiri acara pertemuan dengan sejumlah kiai muda dari pelbagai daerah Jawa di Ponpes Ora Aji, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mantan gubernur Jakarta itu juga berpendapat, proses transisi pemerintahan kini ke Prabowo Subianto, sang presiden terpilih, sangat kolaboratif dan halus.

Baca Juga

"Beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan, hendaknya kita pengasuh pesantren untuk menjaga keberlangsungan ini (transisi pemerintahan) dengan baik. Pesan beliau seperti itu," ujar Gus Miftah di Sleman, DIY, Kamis (19/9/2024).

Pertemuan antara Presiden dan sekira 50 kiai muda itu berlangsung tertutup. Di antara pesan-pesan Jokowi ialah, pihaknya ingin memastikan bahwa saat presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, mulai resmi menjabat, segala sesuatu sudah dalam kondisi siap.