Kamis 19 Sep 2024 17:16 WIB

Baznas Dorong Literasi Digital untuk Para Amil Zakat

Jika Baznas ingin lebih baik, maka transformasi digital harus baik.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad bersama Presiden Laznah Tanfiziyah PP Syarikat Islam Hamdan Zoelva.
Foto: Republika.co.id
Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad bersama Presiden Laznah Tanfiziyah PP Syarikat Islam Hamdan Zoelva.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bersama Baznas Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Jakarta. Satu di antara banyak tujuan rakernis yang ingin dicapai Baznas adalah meningkatkan literasi digital amil zakat dengan memberikan keahlian digital marketing.

Ketua Baznas RI, Prof KH Noor Achmad mengatakan, transformasi merupakan satu perubahan yang mendasar untuk menjadi lebih baik. Artinya, ujar dia, digitalisasi yang ada di Baznas ini mutlak harus dilakukan karena seluruh elemen yang ada di dunia sekarang ini yang menamakan dirinya modern pasti tidak akan meninggalkan digital.

"Tuntutan zaman untuk mempercepat sebuah proses juga dengan digital, dan tuntutan zaman untuk transparansi dan pertanggungjawaban juga dengan digital," kata Noor Achmad di Jakarta, Selasa (17/9/2024)

Menurut dia, digitalisasi atau transformasi digital tidak hanya sekedar melakukan suatu perubahan di bidang digital. Tapi sekaligus perubahan di bidang budaya dan peradaban. Sehingga peradaban akan berubah, budaya akan ikut berubah manakala digitalisasinya juga bisa mengantarkan perubahan-perubahan di bidang budaya dan peradaban.Ia menegaskan, kalau Baznas ingin jadi lebih baik, maka transformasi digitalnya harus baik.