Jumat 20 Sep 2024 16:25 WIB

Performa Asuransi Kesehatan Masih Menjadi Tantangan Besar Industri

produk penyakit kritis (critical illness) juga menjadi sorotan.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi asuransi.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi asuransi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh industri asuransi jiwa saat ini adalah performa buruk produk asuransi kesehatan individu (individual health insurance).

Hal ini dipicu oleh peningkatan klaim kesehatan yang diiringi oleh tingginya inflasi medis dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

"Penyebab utamanya adalah harga dasar (base pricing) yang terlalu rendah, penyesuaian tarif yang belum sesuai dengan inflasi medis, dan kebijakan underwriting yang kurang tepat," kata Direktur Teknik Operasi Indonesia Re, Delil Khairat seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (20/9/2024).

Selain itu, produk penyakit kritis (critical illness) juga menjadi sorotan. Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) menggelar acara tahunan Indonesia Re Actuarial Seminar (IAS) 2024 yang berlangsung pada tanggal 9 - 11 September 2024. Acara IAS tahun ini mengangkat isu-isu penting seputar perkembangan produk kesehatan, pengembangan produk penyakit kritis (critical illness), serta berbagai tantangan dan solusi terkait bisnis Asuransi dan Reasuransi Jiwa.