Sabtu 21 Sep 2024 09:42 WIB

Komitmen Arutmin di Bidang Lingkungan Hidup Berbuah Hal Ini

Arutmin terus berkomitmen untuk menjaga lingkungan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Hutan hijau di Kalimantan (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Hutan hijau di Kalimantan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- PT Bumi Resources Tbk., melalui unit usahanya, PT Arutmin Indonesia (Arutmin), meraih beberapa penghargaan prestisius di bidang kinerja lingkungan hidup. Arutmin terus berkomitmen untuk menjaga lingkungan tempat operasi tambang dan meminimalkan dampak operasi terhadap lahan dan ekosistem. Dalam hal ini, memfokuskan manajemen lingkungan hidup melalui upaya perlindungan, pelestarian, dan pemantauan hutan dan ekosistem.

Awal Agustus lalu, Tambang Asamasam meraih dua penghargaan ENSIA Award 2024 atas komitmen perusahaan dalam inovasi sosial dan lingkungan. Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) diselenggarakan sejak 2022 dan merupakan bentuk apresiasi PT Sucofindo kepada pelaku usaha di Indonesia yang memiliki serta mengembangkan inovasi berkelanjutan di bidang lingkungan dan sosial.

Baca Juga

Penghargaan yang diraih berupa kategori Platinum untuk inovasi sosial melalui Program Gen Permata dan kategori Gold untuk inovasi lingkungan melalui Program Metode Undirect Non-Invasif Sebagai Upaya Terpadu Pendukung Konservasi Elang Hitam.

Program Gen Permata adalah inisiatif pemberdayaan masyarakat yang fokus pada peningkatan kualitas hidup generasi muda di sekitar wilayah operasional tambang. Program ini melibatkan berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan pemberdayaan ekonomi yang telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi komunitas setempat.