Sabtu 21 Sep 2024 13:10 WIB

PPUMI Sebut Pemberdayaan Perempuan Kunci Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Banyak dari mereka yang berhasil mengembangkan usaha dari skala kecil hingga besar.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Seorang ibu penjual durian memilih dagangannya untuk pembeli di desa penghasil durian Banjaroyo, Kulonprogo, Yogyakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Seorang ibu penjual durian memilih dagangannya untuk pembeli di desa penghasil durian Banjaroyo, Kulonprogo, Yogyakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) menyoroti bagaimana banyaknya perempuan mengelola usaha kecil mereka, terutama dalam sektor kuliner, rumah tangga, dan fashion. Produk yang dikelola oleh perempuan, baik itu makanan maupun produk rumah tangga, menjadi bagian penting dari perkembangan ekonomi lokal.

Untuk merangkum gagasan-gagasan soal perempuan, PPUMI pun mengadakan kegiatan "All About Women" pada Rabu-Jum’at, 18 - 20 September 2024 di Gedung Dhanapala Komplek Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

Baca Juga

photo
Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Munifah Syanwani. - (Dok. Youtube)

Acara ini bertemakan “UKM Garda Terdepan Dalam Membantu Kesejahteraan Ekonomi Keluarga”. Ketua Umum PPUMI Munifah Syanwani mengatakan, perempuan memiliki peran yang luar biasa dalam mengelola usaha kecil dan mikro. Seperti yang disampaikan dalam wawancara, perempuan tidak hanya mengelola usaha-usaha kecil, tetapi tidak sedikit juga yang menjadi tulang punggung ekonomi rumah tangga. Banyak dari mereka yang berhasil mengembangkan usaha dari skala kecil hingga besar, menciptakan produk-produk unggulan yang sangat diminati pasar. Hal ini membuktikan bahwa perempuan memiliki kapasitas yang besar untuk maju.

“Namun, tantangan masih ada. Stigma negatif sering kali melekat pada perempuan yang dianggap sulit untuk maju dan berinovasi. Padahal, kenyataannya banyak perempuan yang sukses mengelola UKM dan UMKM yang tidak hanya menopang kehidupan keluarga mereka, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Ini merupakan bukti bahwa pemberdayaan perempuan melalui UKM dan UMKM adalah kunci bagi kebangkitan ekonomi Indonesia,” ucap Munifah Syanwani.