Senin 23 Sep 2024 00:48 WIB

Presiden Xi Jinping-Raja Malaysia Bertemu Bahas Peradaban China-Islam

Xi Jinping mengatakan China dan Islam saling bertukar budaya.

Red: Erdy Nasrul
Presiden China Xi Jinping.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Presiden China Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden China Xi Jinping dan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim melakukan pertemuan resmi di Beijing untuk membahas sejumlah isu bilateral termasuk saling belajar antara peradaban Tionghoa dan Islam.

"Presiden Xi Jinping menunjukkan bahwa meski China dan Malaysia saling berhadapan di seberang lautan tapi persahabatan kedua negara telah berjalan selama ribuan tahun. Kedua negara memperdalam pertukaran masyarakat dan saling belajar antara peradaban Tiongkok dan peradaban Islam," demikian disebutkan dalam pernyataan tertulis di laman Kementerian Luar Negeri China pada Sabtu.

Baca Juga

Pertemuan Presiden Xi Jinping dan Sultan Ibrahim itu berlangsung pada Jumat (20/9) sore di Balai Besar Rakyat, Beijing sebagai bagian dari lawatan kenegaraan pertama Raja Malaysia setelah naik tahta pada 31 Januari 2024.

Sejak terjalinnya hubungan diplomatik pada 1974, China dan Malaysia disebut selalu hidup rukun dan saling membantu, China juga sedang mendorong keterbukaan dan dapat menjadi peluang baru bagi kerja sama antara China dan Malaysia.