Ahad 22 Sep 2024 11:39 WIB

Sudah Meninggal Pun Masih Dihina, Israel Buang Jasad Pejuang Palestina dari Atas Gedung

Israel melancarkan operasi militer berskala besar di Qabatiya.

Red: Teguh Firmansyah
Tentara Israel melempar dan menendang sejumlah jenazah hingga jatuh dari atap gedung di Qabatiya, Tepi Barat, Kamis (19/9
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Tentara Israel melempar dan menendang sejumlah jenazah hingga jatuh dari atap gedung di Qabatiya, Tepi Barat, Kamis (19/9

REPUBLIKA.CO.ID, JALUR GAZA -- Militer Israel telah meluncurkan penyelidikan setelah muncul video mengejutkan yang menunjukkan tentara Israel melemparkan apa yang tampak seperti mayat pria Palestina dari atap rumah di Qabatiya, sebelah utara Tepi Barat pada Kamis.

Warga Palestina membagikan beberapa sudut rekaman di media sosial, yang menunjukkan pasukan Israel mendorong orang-orang tak bernyawa dari atap rumah pagi itu, setelah penggerebekan di kota dekat Jenin.

Baca Juga

Video tersebut memperlihatkan tiga tentara Israel memanjat ke atap, memegang mayat-mayat, dan melemparkannya satu per satu dari atas. Dalam satu klip, seorang tentara terlihat menendang salah satu mayat hingga jatuh dari tepi.

Berdasarkan hukum internasional, angkatan bersenjata diharuskan memperlakukan mayat musuh dengan hormat, mencegah mereka dari mutilasi, dan mengembalikan mereka ke keluarga mereka. Israel sering menahan mayat warga Palestina yang terbunuh.