Ahad 22 Sep 2024 15:49 WIB

Penyebab Sakit Punggung yang Jarang Disadari, Termasuk Merokok

Segera konsultasi dengan dokter jika sakit punggung menganggu aktivitas dan tidur.

Red: Qommarria Rostanti
Wanita mengalami nyeri punggung (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Wanita mengalami nyeri punggung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika Anda mengalami sakit punggung secara teratur, mungkin ada sesuatu yang lebih serius yang terjadi. Rasa tidak nyaman ini sebaiknya jangan diabaikan. Kira-kira apa penyebabnya?

"Tergantung pada apa yang terluka, Anda dapat mengalami nyeri otot, nyeri tulang, dan/atau nyeri saraf," kata dr staf dokter di Pusat Kesehatan Tulang Belakang Cleveland Clinic di Richard E Pusat Kesehatan Jacobs, Santhosh A Thomas dilansir laman Huffington Post pada Ahad (22/9/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan sakit punggung dapat meluas ke kaki atau bokong, meningkat dengan tekanan, bahkan terasa lebih buruk ketika Anda batuk atau bersin. Sekitar 65 juta orang di Amerika Serikat melaporkan mengalami episode nyeri punggung bawah baru-baru ini, sementara 16 juta orang mengatakan mereka mengalami nyeri punggung kronis. Cakram hernia, trauma tulang belakang, dan otot yang ketarik adalah penyebab cedera punggung yang terkenal, mungkin tidak selalu ada pemicu yang jelas untuk ketidaknyamanan yang sedang berlangsung.

Berikut ini adalah penyebab sakit punggung yang menurut para ahli jarang disadari masyarakat: