Senin 23 Sep 2024 14:08 WIB

Bank Bjb dan Pemkot Sukabumi Dorong Edukasi dan Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha UMKM

Dengan pengelolaan keuangan yang tepat pengusaha dapat minimalkan risiko.

Red: Friska Yolandha
Mengelola dan meminjam keuangan dengan bijak merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Foto: dok Republika
Mengelola dan meminjam keuangan dengan bijak merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Mengelola dan meminjam keuangan dengan bijak merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, seorang pengusaha dapat memastikan bahwa dana yang mereka miliki digunakan secara efisien, meminimalkan risiko kebangkrutan dan memungkinkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Pengelolaan yang baik meliputi perencanaan anggaran, memisahkan keuangan pribadi dari bisnis, serta mencatat setiap transaksi agar pengusaha dapat mengontrol aliran kas dan membuat keputusan yang lebih terukur.

Baca Juga

Meminjam uang juga perlu dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan. Pinjaman dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis atau menambah modal, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman bisa menjadi beban yang berat. Penting bagi pelaku usaha untuk memahami syarat dan ketentuan pinjaman, termasuk tingkat bunga, jangka waktu, dan konsekuensi jika tidak mampu membayar. Ini akan membantu mereka menghindari masalah hutang yang berlebihan dan menjaga kestabilan finansial bisnis mereka.

Meminjam uang dari lembaga keuangan resmi, seperti bank, memberikan kepastian keamanan dan perlindungan hukum. Berbeda dengan pinjaman online ilegal yang dapat memiliki bunga yang sangat tinggi dan metode penagihan yang tidak etis, lembaga keuangan yang resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memastikan praktik pinjaman berjalan sesuai dengan aturan dan melindungi konsumen dari risiko penipuan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk meminjam dari sumber yang legal dan tepercaya.