Senin 23 Sep 2024 14:57 WIB

Pernah Jadi TKI, Siapa Sangka Kini Alumnus Universitas BSI Sukses Meniti Karir

Hamdani jadi bukti perjalanan penuh cobaan mengantarkan seseorang pada keberhasilan.

Red: Friska Yolandha
Hamdani, seorang alumni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, adalah bukti nyata bahwa perjalanan hidup penuh dengan cobaan dapat mengantarkan seseorang pada keberhasilan.
Foto: dok Republika
Hamdani, seorang alumni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, adalah bukti nyata bahwa perjalanan hidup penuh dengan cobaan dapat mengantarkan seseorang pada keberhasilan.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Hamdani, seorang alumni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, adalah bukti nyata bahwa perjalanan hidup penuh dengan cobaan dapat mengantarkan seseorang pada keberhasilan. Lahir dan tumbuh di tengah keterbatasan ekonomi, Hamdani sudah merasakan pahitnya kehidupan sejak usia belia hingga akhirnya putus sekolah.

Tidak seperti anak-anak lain yang bisa bermain bebas, Hamdani harus bekerja sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) untuk membantu keluarganya. Demi membeli sepasang sepatu sekolah, ia harus mengumpulkan uang dari kerja kerasnya sendiri.

Baca Juga

Perjalanan hidup Hamdani bukanlah kisah biasa. Ia pernah mencicipi bekerja sebagai buruh kebun, berdagang kue, dan bahkan sempat bekerja di rumah makan. Pada usia 16 tahun, di saat kebanyakan anak seusianya sibuk dengan dunia remaja, Hamdani sudah berani merantau jauh ke Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hidupnya penuh dengan tantangan, jauh dari keluarga, dan harus berjuang sendirian demi menggapai masa depan yang lebih baik.

Namun, Hamdani tidak menyerah. Setelah kembali ke tanah air, ia mencoba peruntungannya dengan berbagai pekerjaan lainnya. Ia bekerja di sebuah percetakan dan menjadi operator di sebuah warnet. Hingga suatu ketika, percetakan tempat ia bekerja tutup, membuat Hamdani harus menghadapi kenyataan pahit kembali menjadi pengangguran.