Selasa 24 Sep 2024 00:17 WIB

Puluhan Imigran Gelap dari Rohingya Ketahuan Ngontrak di Perumahan Sukabumi

Diduga mereka ingin menyebrang ke Pulau Natal, Australia lewat Pelabuhan Ratu.

Red: Karta Raharja Ucu
Pengungsi Rohingya (ilustrasi). Puluhan imigran gelap asal Rohingya ketahuan menyewa dua rumah di sebuah perumahan di Sukabumi.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Pengungsi Rohingya (ilustrasi). Puluhan imigran gelap asal Rohingya ketahuan menyewa dua rumah di sebuah perumahan di Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, Puluhan

SUKABUMI -- Puluhan warga negara asing (WNA) asal Rohingya, Myanmar dilaporkan menempati dua rumah di Perumahan Nuansa Indah Baru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Setelah menerima laporan warga yang curiga, polisi pun langsung mendatangi lokasi.

"Kami mendapatkan informasi dari masyarakat yang mencurigai adanya puluhan orang asing yang menempati dua rumah di Perumahan Nuansa Indah Baru. Setelah kami lakukan pemeriksaan ke lokasi, mereka merupakan Suku Rohingya," kata Kasi Pemerintahan Pemerintah Desa (Pemdes) Cisolok Irvan Ruslandi di Sukabumi, Ahad (22/9/2024).

Menurut Irvan, mereka menghuni rumah itu dengan cara menyewa untuk beberapa bulan. Dengan adanya laporan dan temuan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan petugas dari Polsek Cisolok untuk penanganan imigran gelap ini sekaligus pengamanan antisipasi adanya dari mereka yang melarikan diri.