Selasa 24 Sep 2024 12:54 WIB

Wapres Intruksikan Pemda Hingga Desa Aktif Pastikan Pekerja Dilindungi BPJS Naker

Pemerintah terus bergerak untuk meningkatkan universal coverage Jaminan Sosial Naker

Red: Arie Lukihardianti
Bupati Kabupaten Bandung Kang DS raih Penghargaan Paritrana Award Tahun 2024
Foto: Dok Republika
Bupati Kabupaten Bandung Kang DS raih Penghargaan Paritrana Award Tahun 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, menginstruksikan pemerintah daerah hingga ke tingkat pemerintahan terkecil, seperti desa/kelurahan untuk berperan aktif untuk memastikan setiap pekerja menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Yakni, melalui optimalisasi program Jamsostek dan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Mari bersama-sama kita dorong dan perkuat sistem jaminan sosial ketenagakerjaan agar seluruh pekerja dan keluarganya terlindungi dari berbagai risiko dan kerentanan. Serta mempercepat perwujudan kerja keras bebas cemas bagi seluruh tenaga kerja Indonesia,” ujar Wapres saat menganugerahkan Paritrana Award kepada 12 Provinsi, 11 Kabupaten/Kota, 3 Desa, serta 13 pelaku usaha yang dinilai sukses mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan di Plaza BPJAMSOSTEK, belum lama ini.

Baca Juga

Penganugerahan Paritrana Award tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah mengakselerasi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan sosial bagi pekerja Indonesia secara menyeluruh. Saat ini, memasuki tahun ke-7 penyelenggaraan Paritrana Award, capaian universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan terus mengalami peningkatan.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf mengatakan, pemerintah tengah bergerak untuk meningkatkan universal coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Pihaknya berharap pada tahun 2045, 99,5 persen pekerja di Indonesia telah dapat terlindungi. Program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan wujud nyata hadirnya negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarganya.