Selasa 24 Sep 2024 15:14 WIB

Pesta Adat Seren Taun Cisungsang 2024 Lestarikan Budaya Leluhur

Seren Taun menyuguhkan atraksi dan hiburan unik bagi masyarakat luas.

Red: Budi Raharjo
Kasepuhan Cisungsang sebagai salah satu komunitas masyarakat adat kasepuhan di Lebak, Banten, kembali menggelar acara tahunan Seren Taun 2024.
Foto: .
Kasepuhan Cisungsang sebagai salah satu komunitas masyarakat adat kasepuhan di Lebak, Banten, kembali menggelar acara tahunan Seren Taun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasepuhan Cisungsang sebagai salah satu komunitas masyarakat adat kasepuhan di Lebak, Banten, kembali menggelar acara tahunan Seren Taun 2024. Perhelatan budaya yang mengusung tema “Tekad, Ucap jeung Lampah Kudu Sarua” ini akan menampilkan berbagai tradisi dan kesenian khas Banten.

Ritual Rasul Pare di Leuit merupakan penanda dimulainya rangkaian Seren Taun (pesta panen) masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang, yang dilaksanakan Selasa (23/9/2024). Riungan kali ini juga membahas serangkaian persiapan menjelang acara puncak dan juga evaluasi setahun ke belakang guna mempersiapakan tahun yang akan datang.

Baca Juga

Lantunan Angklung Buhun menambah suasan hidmat di areal Kasepuhan. Tidak hanya itu, musik tradisional seperti jaipong juga menjadi salah satu hiburan rakyat yang bisa dinikmati selama perhelatan Seren Taun 2024.

Ketua Adat Setempat, Abah Usep Suyatma Sr, mengatakan Seren Taun bukan sekadar acara adat. "Tetapi juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi dan melestarikan budaya leluhur," ujarnya didamping anak sulungnya, Raden Angga Kusuma.