REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menyampaikan dampak boikot terhadap brand-brand yang diduga terafiliasi mendukung Israel masih terasa. Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan situasi tersebut mulai berangsur kondusif.
"Untuk dampaknya itu memang masih ada terhadap beberapa merek dari luar," ujar Budihardjo saat dihubungi Republika di Jakarta, Jumat (27/9/2024).
Budihardjo bersyukur sentimen dan boikot yang terjadi di Indonesia tidak separah dengan yang terjadi di negara lain. Budihardjo mencontohkan gerai Starbucks yang hingga saat ini masih beroperasi.
"Untuk Starbucks juga tidak sampai parah sekali," ucap Budihardjo.
Budihardjo menyampaikan aksi boikot relatif lebih mereda belakangan ini. Budihardjo menilai hal ini disebabkan banyaknya pernyataan dari berbagai pihak, termasuk brand tersebut yang menggunakan pasokan lokal untuk produk di Indonesia.
"(Dampak boikot) berangsur-angsur sudah mulai pulih karena pernyataan merek itu punya banyak produsen dan tenaga lokal seperti pasokan ayam hingga telur," lanjut Budihardjo.
Budihardjo mengatakan brand-brand tersebut selama ini memiliki perhatian terhadap penggunaan bahan baku lokal. Hal ini berdampak positif dalam mendukung bahan baku lokal.
"Kita berharap terus mencintai produk-produk yang dibuat di Indonesia. Walau merek global itu isinya tidak semua impor, banyak bahan lokalnya juga," kata Budihardjo.
Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) juga mendorong masyarakat untuk terus menguatkan gerakan boikot di Tanah Air. "Dari 10 merek yang kami rekomendasikan untuk diboikot, itu pun masih belum efektif. Begitu pun dengan konsolidasi dengan merek nasional yang akan menjadi penggantinya. Yang selama ini telah muncul pun itu masih bersifat spontan," kata Juru Bicara YKMI, Megel Jekson.
Dia menyebut, 10 merek itu yakni, Starbucks, Danone, Nestle, Zara, Kraft Heinz, Unilever, Coca Cola Group, McDonalds, Mondelez, Burger King, dan Kurma Israel.