Sabtu 28 Sep 2024 22:28 WIB

Hassan Nasrallah Terbunuh, Amerika Serikat Terlibat dalam Serangan Israel?

Amerika Serikat bantah terlibat dalam pembunuhan Hasan Nasrallah

Red: Nashih Nashrullah
 Pendukung Hizbullah mendengarkan pidato pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah yang disampaikan di layar lebar saat unjuk rasa untuk memperingati Hari Perlawanan Terluka Hizbullah di pinggiran selatan Beirut, Lebanon,  Senin (6/3/2023).
Foto: EPA-EFE/WAEL HAMZEH
Pendukung Hizbullah mendengarkan pidato pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah yang disampaikan di layar lebar saat unjuk rasa untuk memperingati Hari Perlawanan Terluka Hizbullah di pinggiran selatan Beirut, Lebanon, Senin (6/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT- Para pejabat senior Amerika Serikat, yang dipimpin oleh Presiden Joe Biden, mengkonfirmasi bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang serangan Israel yang menargetkan Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah pada hari Jumat (27/9/2024).

Amerika Serikat membantah bahwa Amerika Serikat berpartisipasi dalam operasi tersebut, sementara instruksi dikeluarkan untuk menyesuaikan status pasukan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Baca Juga

Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat “tidak mengetahui dan tidak berpartisipasi dalam serangan di Beirut,” dan menambahkan, “Kami membutuhkan lebih banyak informasi dan saya selalu prihatin dengan potensi eskalasi,” dikutip dari Aljazeera, Sabtu (28/9/2024). 

“Kami tidak menerima peringatan terlebih dahulu dari Israel tentang operasinya di Beirut dan kami tidak terlibat dalam serangan itu,” kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin.