REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—BYD Motor Indonesia membukukan penjualan rata-rata setiap bulannya sebanyak 2.500 unit. Sukses BYD tersebut disumbang oleh empat model yang dipasarkan di Indonesia yakni Doplhin, Atto 3, Seal dan, M6.
“Sejak diluncurkan di GIIAS 2024 bulan Juli lalu, dari total penjualan kami sekitar 2.500 unit per bulannya, 50 persen disumbang oleh BYD M6,” kata Head of PR and Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan dalam sambutannya di perhelatan "Bond and Belong" di Jakarta Equestrian Park, Pulomas, Sabtu (28/9/2024).
Bond and Belong adalah pertemuan komunitas pemilik BYD yang tidak hanya menjadi ajang mempererat hubungan antara BYD dan komunitasnya, tetapi juga untuk memberikan edukasi yang menekankan pentingnya keselamatan berkendara serta memperkenalkan inovasi teknologi BYD kepada para peserta komunitas.
Menurut Luther BYD terus mendorong inovasi dan memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang dengan menghadirkan BYD M6 sebagai model terbarunya. Bersama dengan BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal, model-model ini telah berhasil menempati posisi teratas dalam penjualan EV secara wholesales.
Ia mengatakan pencapaian ini mengukuhkan peran penting BYD dalam mendorong transisi energi dan mobilitas berkelanjutan di Indonesia melalui fokus pada inovasi, keandalan, dan kepuasan pelanggan. “Kesuksesan ini juga memperkuat strategi BYD dalam membangun kepercayaan dan memperluas pangsa pasar di tengah persaingan yang semakin ketat di industri otomotif,” ucapnya.
BYD meraih sukses besar di GIIAS 2024 Jakarta dengan total pemesanan mencapai 2.920 unit. BYD M6, MPV listrik di segmen medium pertama di Indonesia, mendapat sambutan luar biasa dengan 2.181 kali test drive dan penghargaan bergengsi "Most Driven Car".
Pencapaian ini membuktikan tingginya kepercayaan dan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik BYD, menempatkan BYD di posisi keempat merek terlaris, serta memperkuat citra positif produk BYD di mata publik.
Partisipasi BYD di GIIAS Roadshow Surabaya dan Bandung 2024 juga disambut meriah oleh masyarakat. Khususnya, BYD M6 yang berhasil meraih penghargaan "Most Driven Car" di GIIAS Surabaya, menunjukkan besarnya minat pengunjung terhadap model ini. Dengan menyasar segmen keluarga, BYD M6 diharapkan dapat melanjutkan kesuksesan model-model BYD lainnya di pasar Indonesia.
Data GAIKINDO mengungkapkan bahwa BYD telah menjual 6.461 mobil periode Juni, Juli dan Agustus 2024 di Indonesia. Pencapaian ini menandakan pertumbuhan yang kuat dan menegaskan posisi BYD sebagai pemain utama di industri otomotif Indonesia. Keberhasilan ini mencerminkan popularitas BYD yang meningkat pesat serta minat konsumen yang besar terhadap mobil listrik.
Kegiatan komunitas bertajuk Bond and Belong selain dihadiri oleh Luther Panjaitan, juga Presiden Direktur BYD Arista Ali Hanafiah, Manajer Pengembangan Produk Niaga PT PLN Persero Tubagus Fakhri Muhammad, Manajer Bisnis dan Produk Pelayanan Kendaraan Listrik PLN ICON PLUS Hadriyan Nursetyo, dan 100 anggota komunitas BEYOND.
BEYOND, merupakan komunitas resmi pengguna mobil listrik BYD di Indonesia, yang dideklarasikan secara resmi pada Agustus 2024 lalu di Jakarta. Komunitas ini lahir dari antusiasme luar biasa, terbentuk sebelum BYD secara resmi hadir di Indonesia, yang mana hal ini menunjukkan besarnya minat masyarakat terhadap mobil listrik BYD.
Bukan hanya sekedar tempat berkumpul, komunitas BEYOND didirikan dengan tujuan menyatukan para pemilik dan penggemar BYD. Dengan 376 anggota yang terus bertambah, angka ini mencerminkan semangat komunitas yang tumbuh pesat.
Lebih dari itu, BEYOND adalah simbol harapan untuk masa depan elektrifikasi di Indonesia. BYD berharap BEYOND akan menjadi wadah dimana anggotanya dapat berbagi pengalaman, tumbuh bersama, dan berkontribusi dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Dengan kolaborasi erat, BYD yakin bersama BEYOND dapat menciptakan dampak positif lebih besar dan bersama-sama mewujudkan visi mobilitas yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia.
“Pertemuan komunitas BEYOND adalah bentuk apresiasi kami kepada para pengguna mobil listrik BYD di Indonesia. "Bond and Belong" merefleksikan semangat acara ini, yang bertujuan untuk mempererat ikatan antar anggota komunitas BEYOND, serta membangun rasa memiliki yang kuat terhadap visi BYD untuk masa depan yang lebih hijau,’ kata Luther.
Pertemuan ini selain untuk mempererat hubungan dengan para pengguna, juga sebagai langkah signifikan perusahaan dalam memperkuat komitmen akan edukasi berkendara aman menggunakan mobil listrik BYD. “Kami berharap acara ini dapat menjadi wadah bagi komunitas BEYOND untuk saling terhubung, berbagi inspirasi, dan memperkuat semangat dalam mendukung mobilitas berkelanjutan,” ujar Luther Panjaitan.