Senin 30 Sep 2024 18:17 WIB

Simeone Minta Pemain Real Madrid yang Provokasi Pendukung Atletico Juga Dihukum

Sejumlah pemain Madrid merayakan gol di tribun dekat fans Atletico.

Red: Israr Itah
Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone menegaskan, para penggemar yang melemparkan benda-benda ke lapangan yang menyebabkan pertandingan derbi Atletico melawan Real Madrid dihentikan selama lebih dari 20 menit harus dihukum. Namun, ia juga meminta para pemain yang memprovokasi sehingga terjadi insiden di Stadion Civitas Metropolitano, Senin (30/9/2024) dini hari WIB tersebut, juga ikut dihukum.

Saat para pemain Real merayakan gol pembuka Eder Militao pada menit ke-64, ultras Atletico Fondo Sur, yang berada di tribun bawah selatan, melemparkan benda-benda ke arah kiper tim tamu Thibaut Courtois. Kiper asal Belgia itu kemudian memberi tahu wasit yang kemudian memutuskan untuk menghentikan pertandingan untuk sementara waktu.

Baca Juga

Setelah penundaan tersebut, Angel Correa menyamakan kedudukan pada injury time dan pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1. “Pendapat saya adalah bahwa orang-orang yang melakukan insiden harus diberi sanksi oleh klub. Kami tidak membutuhkan orang-orang ini. Kami membutuhkan orang-orang yang menemani dan mendukung kami. Mereka merugikan klub, tetapi hati-hati: itu tidak membenarkan untuk menciptakan situasi yang kami, para pemain utama, ciptakan,” kata Simeone kepada DAZN.

Ia kecewa ada pihak yang mendramatisir situasi tersebut dengan menuduh orang, memprovokasi orang, dan kemudian orang marah.

“Orang-orang tidak memiliki cara lain untuk melakukannya, dengan cara yang buruk, yang tidak benar. Namun kami juga harus mencoba untuk tenang, untuk memahami situasinya, bahwa Anda dapat merayakan gol dengan merayakannya, tetapi tidak dengan merayakannya dengan menatap tribun, menyerang tribun, membuat gerakan karena kemudian orang menjadi marah," kata dia.

“Tentu saja itu tidak dibenarkan, tetapi hal tersebut juga tidak dibenarkan karena jika tidak, kami akan selalu menjadi korban. Orang yang melempar pemantik api harus diberi sanksi dan orang yang memprovokasi juga harus diberi sanksi. Dengan cara ini tidak akan ada lagi tawa dan hal-hal seperti itu, karena Anda tidak diberi sanksi, Anda diperbolehkan untuk melakukan berbagai hal.”

Atletico Madrid merilis pernyataan resmi pada Senin dini hari yang mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi salah satu penggemar yang melemparkan benda-benda ke lapangan. Pihak klub bekerja sama dengan polisi untuk mengidentifikasi orang lain, yang akan dikenakan sanksi.

“Atletico Madrid ingin menyampaikan penolakan mereka terhadap pelemparan benda-benda dari bagian tribun selatan pada menit ke-68 dalam pertandingan melawan Real Madrid. Pihak keamanan klub telah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mencari mereka yang terlibat, salah satunya telah teridentifikasi,” demikian pernyataan klub.

“Klub akan menerapkan aturan internal yang biasa diterapkan untuk kasus-kasus yang sangat serius kepada orang-orang yang terlibat dalam insiden ini. Sikap-sikap seperti ini tidak memiliki tempat dalam sepak bola dan menodai citra stadion yang telah merasakan atmosfer spektakuler dengan lebih dari 70 ribu penonton di tribun, yang sebagian besar dari mereka telah menunjukkan perilaku yang patut diteladani.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement