Selasa 01 Oct 2024 04:28 WIB

Setahun Genosida, Pejuang Palestina Terus Melawan

Brigade al-Qassam kembali meledakkan kendaraan tempur Israel.

Red: Fitriyan Zamzami
Grafiti menggambarkan tank Israel disasar segitiga terbalik merah di Beirut.
Foto: Palestine Studies
Grafiti menggambarkan tank Israel disasar segitiga terbalik merah di Beirut.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Menjelang setahun genosida, sesumbar Israel untuk memusnahkan pejuang Palestina di Gaza tak kunjung terwujud. Para pejuang masih terus melakukan perlawanan, yang terkini dengan meledakkan kembali kendaraan tempur Zionis.

Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), melaporkan pada Senin bahwa para pejuangnya menargetkan kendaraan dan tentara pendudukan Israel dalam operasi kompleks dan penyergapan di Khan Yunis dan Rafah di Jalur Gaza selatan.  Merujuk Aljazirah, brigade tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menghancurkan dua pengangkut pasukan dan menargetkan sebuah tank Merkava dan dua buldoser militer dengan alat peledak dan peluru Al-Yassin 105 di timur Khan Yunis.

Pernyataan Brigade al-Qassam menambahkan bahwa mereka telah membunuh dan melukai awak kendaraan Israel selama penyergapan yang dilakukan di daerah Al-Fakhari di timur kota, dan bahwa pejuangnya telah memantau pendaratan helikopter untuk mengevakuasi korban tewas dan terluka.

Di Rafah, Al-Qassam mengatakan pihaknya menargetkan tank Merkava dengan bom Shawaaz dan buldoser militer D9 dengan peluru tandem di daerah Al-Shawka di timur kota. Batalyon tersebut juga menargetkan pasukan infanteri Israel dengan IED, membunuh dan melukai mereka juga di timur kota.

The Times of Israel melansir, seorang tentara IDF dari Batalyon 8108 Brigade Yiftah terluka parah hari ini dalam pertempuran di Jalur Gaza selatan, kata militer. Menurut penyelidikan awal IDF, tentara tersebut terkena tembakan antitank. Dia dibawa ke rumah sakit di Israel untuk perawatan.

Sejauh ini Israel terus melanjutkan serangan brutal di Jalur Gaza yang terkepung selama hampir satu tahun. Serangan itu telah menyebabkan lebih dari 137.000 orang Palestina syahid dan terluka, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak dan wanita. Lebih dari 10.000 orang hilang, di tengah kehancuran besar-besaran dan kehancuran. krisis kemanusiaan dan kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Faksi perlawanan Palestina, yang dipimpin oleh Brigade Al-Qassam, telah menghadapi pasukan Israel yang ditempatkan dan melakukan penetrasi ke Jalur Gaza sejak dimulainya operasi darat, yang menurut perkiraan resmi telah menyebabkan puluhan tentara Israel tewas dan terluka.

Akhir pekan lalu, Brigade Izzuddin al-Qassam juga menyatakan telah menargetkan sebuah tank Israel, sementara media Israel mengatakan bahwa tentara telah mendeteksi peningkatan aktivitas Hamas di Jalur Gaza utara.

Al-Qassam mengatakan bahwa mereka menargetkan sebuah tank Merkava Israel dengan rudal Yassin 105 di daerah al-Tanour di sebelah timur Rafah di Jalur Gaza selatan. Maariv melaporkan bahwa IDF telah mengamati peningkatan pejuang di Jalur Gaza utara.

Perlawanan di Tepi Barat... baca halaman selanjutnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement