Selasa 01 Oct 2024 10:27 WIB

Ini Anggota DPR Termuda Saat Pelantikan DPR RI, Ternyata Baru 23 Tahun

Anggota DPR RI tertua dari Jambi berusia 78 tahun.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota DPR RI.
Foto: Republika/Prayogi
Anggota DPR RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan anggota dewan dengan usia termuda dan tertua memimpin jalannya pelantikan anggota DPR RI Periode 2024-2029 pada Selasa (1/10/2024) di Gedung MPR RI, Jakarta. Mereka bertindak sebagai Ketua DPR sementara.

Dari informasi Sekretariat Jenderal (Sekjen) DPR RI, terdapat tiga perwakilan anggota DPR termuda berdasarkan usia yaitu Annisa M.A. Mahesa dari Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II berusia 23 tahun 2 bulan 15 hari.

Baca Juga

Berikutnya, Muhammad Rohid dari Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan Riau II berusia 24 tahun 10 bulan 14 hari, dan Cindy Monica Salsabila Setiawan dari Fraksi Partai Nasdem Dapil Sumatera Barat II berusia 24 tahun 10 bulan 14 hari.

Adapun anggota DPR RI tertua yang menjadi pimpinan sementara ialah Zulfikar Achmad dari Fraksi Partai Demokrat Dapil Jambi berusia 78 tahun 4 bulan 15 hari. Menyusul berikutnya Guntur Sasono dari Partai Demokrat Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII berusia 78 tahun 2 bulan 30 hari, dan Kahar Muzakir dari Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I yang berusia 77 tahun 9 bulan 21 hari.

Sedangkan perwakilan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) paling muda yang bakal memimpin pelantikan DPR ialah Larasati Moriska dari Daerah Pemilihan Kalimantan Utara berusia 22 tahun 8 bulan. Lalu ada ada Cerint Iralloza Tasya dari Dapil Sumatera Barat dengan usia 23 tahun 11 bulan 15 hari dan Ratu Tenny Leriva dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan berusia 24 tahun 3 bulan 21 hari. 

Adapun Anggota DPD tertua yang menjadi perwakilan ialah Ismeth Abdullah dari Daerah Pemilihan Kepulauan Riau dengan usia 78 tahun, Habib Hamid Abdullah dari Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan berusia 76 tahun 1 bulan 28 hari, dan lmalik Pababari dari Daerah Pemilihan Sulawesi Barat berusia 75  tahun 9 bulan 17 hari.

Lalu, perwakilan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang termuda yaitu Larasati Moriska, Annisa M.A Mahesa, dan Cerint Iralloza Tasya. Sedangkan perwakilan pimpinan sementara tertua ialah Zulfikar Achmad, Guntur Sasono, dan Ismeth Abdullah.

Diketahui, jumlah anggota DPR RI periode 2024-2029 meningkat dari periode sebelumnya yang berjumlah 575 anggota Dewan. Sekarang, sebanyak 580 orang punya kursi di DPR RI.

Dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, KPU menetapkan delapan di antaranya memenuhi ambang batas parlemen (PT) sebesar 4 persen, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, Demokrat, NasDem, dan PKS.

Sedangkan partai yang dinyatakan tak memenuhi ambang batas yakni Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, PKN, Hanura, Partai Garda Republik Indonesia, PBB, PSl, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement