Selasa 01 Oct 2024 14:53 WIB

Usai Pelantikan, Pimpinan DPR akan Diumumkan Malam Ini

Sebanyak 580 anggota DPR dan 152 anggota DPD telah dilantik pada Selasa siang WIB.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung.
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 580 anggota DPR dan 152 anggota DPD telah dilantik pada Selasa (1/10/2024) siang WIB. Usai pelantikan, agenda selanjutnya adalah penentuan pimpinan DPR periode 2024-2029.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, pimpinan DPR diagendakan dibahas pada Selasa sore WIB. Rencananya, pimpinan DPR akan diumumkan pada Selasa malam WIB.

Baca Juga

"Ya kan tadi udah dibahas, udah disusun agendanya melalui sekretariat, udah diumumkan, jadi insya Allah nanti malem sih, mungkin kita udah tahu siapa yang akan jadi pimpinan DPR," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa.

Dia mengatakan, pembahasan pimpinan DPR akan mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3). Namun, komposisinya akan disesuaikan berdasarkan hasil musyawarah mufakat antara fraksi-fraksi partai politik.

Menurut ketua Komisi II DPR tersebut, berdasarkan UU MD3, sosok yang akan menjadi Ketua DPR RI periode 2024-2029 akan berasal dari Fraksi PDIP DPR. Namun, untuk namanya, fraksi partai politik yang nantinya akan menentukan.

"Tadi kan sudah disusun jadwalnya, mulai siang dan sore ini sudah mulai ada rapat-rapat antara wakil dari masing-masing yang ditunjuk fraksi dengan pimpinan DPR sementara," kata Doli.

Menurut Doli, setelah itu akan dilakukan persiapan pemilihan dan penetapan pelantikan pimpinan MPR. Menurut dia, kemungkinan pimpinan MPR akan diumumkan pada Kamis (3/10/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement