Selasa 01 Oct 2024 22:05 WIB

Andres Iniesta akan Segera Umumkan Gantung Sepatu

Tanggal 8 Oktober dipilih karena sesuai dengan nomor kostumnya.

Red: Israr Itah
Andres Iniesta.
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Andres Iniesta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Barcelona dan timnas Spanyol Andres Iniesta dikabarkan sudah memutuskan gantung sepatu sebagai pemain profesional pada usia 40 tahun.

"Andres Iniesta akan mengumumkan pada 8 Oktober bahwa dia akan meninggalkan sepak bola," tulis media Spanyol, AS pada Selasa (1/10/2024).

Baca Juga

Tanggal 8 Oktober dipilih Iniesta karena sesusi dengan nomor jersey ikoniknya 8. Pahlawan kemenangan Spanyol dalam final Piala Dunia 2010 melawan Belanda itu menjalani karier profesional selama lebih dari dua dekade.

Dia memulai karier bersama Barcelona dan meraih banyak gelar juara bersama Blaugrana. Kemampuan serta pencapaiannya selama bermain membuatnya disebut sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Dia menyabet 37 trofi, termasuk sembilan trofi La Liga dan empat trofi Liga Champions bersama Barcelona. Prestasinya bersama tim nasional Spanyol juga tidak kalah mentereng, dengan dua kali menjuarai Piala Eropa (2008 dan 2012) dan sekali Piala Dunia pada 2010.

Setelah meninggalkan Barcelona pada 2018, Iniesta bergabung dengan klub Jepang Vissel Kobe, yang dia antarkan merebut Piala Kaisar Jepang pada 2019 dan Piala Super Jepang pada 2020.

Meski dihubung-hubungkan dengan klub MLS Inter Miami milik David Beckham, Iniesta memutuskan bergabung dengan Emirates Club pada Agustus 2023. Namun, kontraknya dengan klub Uni Emirat Arab itu berakhir setelah hanya enam bulan.

Keputusan untuk pensiun tampaknya diambil Iniesta setelah mempertimbangkan sejumlah faktor, termasuk usia yang sudah menginjak 40 tahun. Setelah pensiun nanti, Iniesta kemungkinan akan melanjutkan karier sebagai pelatih dan bahkan bertekad kembali ke Barcelona.

"Tetapi saya tidak tahu kapan atau bagaimana mengatakannya sekarang, begitu juga dengan orang lain. Kita lihat saja bagaimana perkembangannya dalam waktu dekat ini," kata Iniesta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement