Rabu 02 Oct 2024 16:19 WIB

BPKH-Rumah Zakat Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Gempa Bumi di Kabupaten Bandung

Total bantuan ini ditargetkan dapat menjangkau 2.000 penerima manfaat.

Red: Friska Yolandha
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Rumah Zakat menyalurkan bantuan tanggap darurat.
Foto: dok Republika
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Rumah Zakat menyalurkan bantuan tanggap darurat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gempa bumi dengan magnitudo 5 yang mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu, 18 September 2024, telah memberikan dampak besar bagi masyarakat setempat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa terjadi sekitar pukul 09.41 WIB, dan hingga Kamis, 19 September 2024, masih terdapat korban luka, wilayah terdampak signifikan, serta gempa susulan yang terus menghantui.

Sebagai bagian dari upaya pemulihan dan bantuan bagi warga terdampak, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Rumah Zakat menyalurkan bantuan tanggap darurat. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan pada Ahad, 29 September 2024, di kantor Kecamatan Kertasari, salah satu wilayah yang paling parah terdampak gempa.

Baca Juga

Dalam acara tersebut, hadir Indriayu Afriana, Kepala Divisi Program Strategis dan Pelaksanaan Mandiri Kemaslahatan BPKH, Chief Funding Officer Rumah Zakat, Bapak Didi Sabir, Camat Kertasari Heri Mulyadi, S.IP. dan Kepala BPBD Kabupaten Bandung Drs. Ukasuska Pujiutama, M.Msi.

Bantuan yang disalurkan terdiri atas sebagai berikut.

  • 500 paket hygiene kit (terdiri dari handuk, sabun mandi, shampo, dan hand soap)
  • 500 paket kitchen set (kompor, wajan, centong, dan spatula)
  • Sembako untuk mendukung dapur umum selama 5 hari

Total bantuan ini ditargetkan dapat menjangkau 2.000 penerima manfaat, yang diharapkan akan meringankan beban masyarakat Kecamatan Kertasari dalam masa pemulihan.

“Dengan adanya bantuan tanggap bencana ini, semoga dapat membantu masyarakat Kecamatan Kertasari yang terdampak bencana gempa bumi. Kami berharap bantuan ini bisa memberikan sedikit keringanan di tengah musibah yang sedang mereka hadapi,” kata Indriayu Afriana dari BPKH.

Dengan kolaborasi antara BPKH dan Rumah Zakat, diharapkan masyarakat yang terdampak bisa segera bangkit dari keterpurukan dan mendapatkan akses kebutuhan dasar selama masa darurat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

(QS. Ali 'Imran ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement