Kamis 03 Oct 2024 14:47 WIB

Israel Terpukul! Ini Daftar 8 Tentara Zionis yang Tewas di Tangan Pejuang Hizbullah

Tentara Israel yang tewas tidak hanya di level prajurit, tapi juga komandan.

Red: Teguh Firmansyah
Tentara Israel tewas di tangan Hizbullah
Foto: Tangkapan Layar Jerusalem Post.
Tentara Israel tewas di tangan Hizbullah

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel mengonfirmasi bahwa ada setidaknya delapan tantara Zionis yang tewas di tangan Hizbullah dalam pertempuran pada Rabu.

Mereka yang tewas tidak hanya prajurit, tapi juga level komandan. Kematian ini memberikan pukulan telak bagi Israel yang ingin melakukan invasi ke Lebanon. Berikut daftar delapan tentara Israel yang tewas di tangan Hizbullah seperti dilansir laman Jerusalem Post

Baca Juga

1. Kapten Harel Etinger (23), dari Eli

Kapten Etinger adalah komandan tim di Unit Egoz, Brigade Komando. Komunitas Eli di Tepi Barat mengatakan mereka berduka atas kematian Kapten IDF Harel Etinger yang tewas ditangan pejuang Hizbullah dalam serangan darat Israel ke Lebanon pada Rabu.

Kematian Etinger menandai kedua kalinya keluarganya berduka atas kematian orang yang dicintai, setelah ayah Etinger dibunuh lima tahun lalu.

Dewan Regional Binyamin menyatakan: “Dengan hati yang hancur, kami informasikan bahwa dalam pertempuran di Lebanon selatan, Harel Etinger, terbunuh. Dia adalah penduduk pemukiman Eli dan putra Rabbi Achied Etinger, yang juga terbunuh dalam sebuah serangan penembakan lima setengah tahun yang lalu.

2. Kapten Itai Ariel Giat (23), dari Shoham,

Kapten Giat adalah seorang perwira di Korps Teknik Tempur, Unit Yahalom. Ia tergbung dalam unit Yalam dan baru berusia 23 tahun dari Korps Teknik Tempur. Giat tewas di Lebanon pada Rabu sore. Giat, dari Shoham, secara anumerta dipromosikan menjadi kapten.

Meskipun tidak secara eksplisit menyebut nama Giat, ayah dari seorang tentara yang terluka dalam insiden tersebut mengatakan kepada surat kabar Inggris The Times bahwa putranya telah diselamatkan berkat petugas di sebelahnya. Petugas yang dirujuk dalam kejadian ini tewas.

3. Sersan-Mayor. Noam Barzilay (22), dari Kokhav Ya'ir

Sersan-Mayor IDF. Noam Barzilay, 22, tewas melawan Hizbullah di Lebanon pada Rabu. Barzilay berasal dari Kochav Yair, di perbatasan Tepi Barat. Dia bertugas di Unit Egoz IDF di Brigade Komando.

Komunitas Kochav Yair mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, "Rasa sakit yang tiada akhir."

Barzilay adalah lulusan gerakan pramuka lokal. “Dia adalah tokoh terkemuka di antara tim pelatihan dan tim aktif. Kami semua akan merindukannya,” kata mantan pemimpin pramuka itu.

4. Sersan-Mayor. Nazar Itkin (21), dari Kiryat Ata

Sersan Mayor Nazar Itkin, seorang tentara berusia 21 tahun yang tewas di Lebanon pada Rabu sore.

Itkin tewas bersama tujuh prajurit lainnya: Kapten Eitan Oster, Kapten Harel Etinger, Kapten Itai Ariel Giat, Sersan-Mayor. Noam Barzilay, Sersan-Mayor. Atau Mantzur, St.-Sgt. Almken Terefe, dan St.-Sgt. Ido Broyer.

Walikota Kiryat Ata, Ya'akov Peretz, memuji prajurit berusia 21 tahun di Unit Pengintaian Brigade Golani.

“Dengan sangat sedih kami mengetahui kematian seorang penduduk kota, seorang pejuang 'gila', dalam pertempuran di Lebanon selatan,” ujar Peretz. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement