Kamis 03 Oct 2024 20:18 WIB

Debat Perdana Cagub-Cawagub Jakarta 6 Oktober, Ini Moderator dan Tujuh Panelisnya

KPU Jakarta menggelar debat perdana cagub-cawagub pada Ahad (6/10/2024).

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jakarta Astri Megatari menjelaskan mengenai teknis debat perdana cagub-cawagub, di kantor KPU Jakarta, Kamis (3/10/2024).
Foto: Bayu Adji Prihammanda/Republika
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jakarta Astri Megatari menjelaskan mengenai teknis debat perdana cagub-cawagub, di kantor KPU Jakarta, Kamis (3/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar debat perdana untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta pada Ahad (6/10/2024). Sejumlah persiapan jelang debat telah dilakukan oleh KPU, termasuk menentukan nama-nama moderator dan panelis yang menyusun daftar pertanyaan.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jakarta Astri Megatari mengatakan, pihaknya telah menentukan dua moderator yang akan memandu jalannya debat. Dua moderator itu adalah Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki.

Baca Juga

"Untuk moderator, kami sudah memutuskan nama moderatornya adalah Mas Ariyo Ardi dan juga Mbak Anisha Dasuki. Jadi itu untuk moderator yang bertugas pada saat pelaksanaan debat nanti," kata dia di Kantor KPU Provinsi Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Diketahui, Ariyo merupakan Pemimpin Redaksi (Pemred) Global TV. Sementara, Anisha merupakan seorang presenter dan produser iNEWS TV. Ariyo dan Anisha juga pernah menjadi moderator debat ketiga pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada 7 Januari 2024 lalu.

Sementara itu, KPU Provinsi DKI Jakarta juga telah menentukan tujuh orang panelis yang akan menyusun pertanyaan untuk para pasangan calon (paslon). Para panelis itu memiliki berbagai latar belakang bidang keilmuan.

Adapun para panelis yang akan terlibat dalam debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta adalah:

1. Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta, Dr Gun Gun Heryanto MSI

2. Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi, Dr Beki Mardani MM

3. Peneliti BRIN, Prof Dr R Siti Zuhro MA

4. Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof Dr Nurliah Nurdin S Sos MA

5. Pakar hukum Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, Doktor Ahsanul Minan

6. Rektor Universitas Bung Karno (UBK), Doktor Didik Suhariyanto

7. Ekonom lingkungan, Andhyta Firselly Utami

"Jadi itu adalah ketujuh panelis yang akan nantinya bertugas di debat pertama ini," kata Astri.

Menurut dia, para panelis itu akan bertugas menyusun pertanyaan untuk para paslon pada segmen kedua dan ketiga debat. Para panelis itu akan dikarantina selama dua hari untuk menyusun sejumlah pertanyaan.

"Para panelis memulai proses karantina untuk menyusun pertanyaan dan diharapkan dalam waktu dua hari ini panelis ini dapat segera menyusun pertanyaan, yang nantinya akan diajukan pada segmen kedua dan segmen ketiga dalam debat perdana kali ini," ujar Astri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement