Sabtu 05 Oct 2024 17:28 WIB

KPU Jakarta Batasi Maksimal 105 Pendukung Paslon Saat Debat Perdana

Masing-masing paslon hanya boleh membawa 75 pendukung dan 30 orang timses.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Debat perdana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Ahad (6/10/2024) malam WIB. Para pasangan calon (paslon) diperkenankan membawa para pendukung ke dalam venue saat debat berlangsung.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah pendukung dari masing-masing paslon. Dia menyebutkan, masing-masing paslon hanya boleh membawa maksimal 75 orang pendukung dan 30 orang tim sukses.

Baca Juga

"Jadi totalnya ada 105 orang (untuk masing-masing paslon)," kata Astri di Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Dia menjelaskan, KPU juga telah mengatur terkait penggunaan atribut para pendukung paslon.

Menurut dia, atribut yang boleh digunakan hanya yang menempel di badan. "Jadi selain yang menempel di badan, mohon maaf, itu tidak bisa dibawa ke dalam karena kaitannya dengan mengganggu jalannya penyiaran," kata Astri.

Dia menegaskan, para pendukung paslon tidak diperkenankan untuk membawa alat peraga kampanye, seperti spanduk dan lainnya. Penggunaan atribut besar dikhawatirkan akan mengganggu pandangan penonton yang lain.

"Nanti dikhawatirkan kalau misalnya membawa atribut yang besar, nanti menghalangi pandangan penonton yang lain," ucap Astri.

Menurut Astri, pihaknya juga telah berkoordinasi aparat kepolisian untuk pengamanan dan juga pengaturan arus masuk kendaraan. Apalagi, lokasi debat itu berdekatan dengan konser musik Synchronize Fest yang juga digelar pada hari yang sama.

"Kalau tadi juga sudah dijelaskan bagaimana flownya, alur masuk paslon maupun tim pendukungnya, kapan mereka hadir di lokasi, dan juga kapan pendukungnya hadir di lokasi. Ini tujuannya adalah supaya massa tidak menumpuk di saat yang bersamaan," kata Astri.

Debat perdana cagub-cawagub DKI Jakarta akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Debat yang akan diikuti tiga kontestan Pilgub DKI Jakarta 2024 akan memiliki durasi 150 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement