Sabtu 05 Oct 2024 21:41 WIB

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Bakal Hindari Emisi Karbon Hingga 14 Ton CO2

PLN Electric Run 2024 telah tersertifikasi PB PASI.

Red: Ahmad Fikri Noor
Atlet lari nasional, Odekta Elvina Naibaho sekaligus pemenang Half Marathon pada PLN Electric Run 2023 menyampaikan antusiasmenya untuk kembali hadir dalam PLN Electric Run 2024.
Foto: PLN
Atlet lari nasional, Odekta Elvina Naibaho sekaligus pemenang Half Marathon pada PLN Electric Run 2023 menyampaikan antusiasmenya untuk kembali hadir dalam PLN Electric Run 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga Sabtu (5/10/2024) malam ini, sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang bakal berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024 di Scientia Park, Gading Serpong, Tangerang, Ahad (6/10/2024). Melalui event bertema 'Power Up Togetherness', para pelari siap menggaungkan semangat ramah lingkungan dan mendukung upaya pengurangan emisi karbon.

Dengan menggandeng Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan sejumlah atlet lari Indonesia, PLN Electric Run 2024 ditargetkan membantu menghindari emisi karbon lebih dari 14 ton CO2.

Baca Juga

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan event ini digelar sebagai upaya PLN menggelorakan semangat kolaborasi pada masyarakat dengan ikut serta menghindari emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan Berbahan Bakar Minyak (BBM).

"Melalui PLN Electric Run 2024, kami mengajak masyarakat berlari dengan semangat yang ramah lingkungan," ucap Darmawan.

Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung mengapresiasi kerja keras PLN dalam menyelenggarakan PLN Electric Run 2024. Ia menilai positif keseriusan PLN dalam penyelenggaraan event lari yang berkelanjutan.

"Kami dari PASI sangat mengapresiasi, karena apa? jika sudah melewati event pertama, kedua, dan ketiga berarti tandanya adalah keseriusan. Jadi kita patut mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan oleh PLN pada kesuksesan acara ini," ujar Tigor.

Tidak hanya itu, Tigor juga menambahkan bahwa PLN Electric Run 2024 telah tersertifikasi PB PASI sehingga secara resmi menjadi pembinaan lari profesional, sekaligus tiap rekor yang tercipta akan diakui secara nasional.

Atlet lari nasional, Odekta Elvina Naibaho sekaligus pemenang Half Marathon pada PLN Electric Run 2023 menyampaikan antusiasmenya untuk kembali hadir dalam PLN Electric Run 2024. Kehadiran event ini menurutnya, memberikan wadah bagi seluruh atlet.

Selain itu, tak hanya event lari biasa, PLN Run Electric 2024 juga menurutnya memiliki visi besar terhadap lingkungan yang berkelanjutan.

"Event ini sekaligus mengedukasi banyak orang untuk menjaga alam ini adalah misi bersama. Dengan berlari ternyata kita sudah bisa melindungi alam ini dari emisi karbon, itu sangat bangga sekali," ujar Odek.

Hal sama diungkapkan Atlet Lari Nasional lainnya Robi Sianturi yang menyebut kegiatan lari ini menjadi semangat baru. Menurut Atlet pemegang rekor Half Marathon Nasional ini, PLN Electric Run 2024 bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga menjadi kesempatan untuk berkontribusi dalam upaya pengurangan emisi karbon.

"Ini menjadi tahun pertama buat saya. Ternyata dengan berlari kita bisa mengurangi emisi karbon. Saya baru tahu di PLN Electric Run ini, rupanya selama berlari ini sudah menjadi bagian dalam menjaga lingkungan. Saya berharap sih dengan adanya agenda seperti di PLN Electric Run ini, kita bisa kurangi polusi," ujar Robi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement