Ahad 06 Oct 2024 10:18 WIB

Gambaran Ekonomi Israel Sedang Menuju Arah Kehancuran

Ekonomi Israel yang rusak oleh perang dinilai membahayakan keamanan nasional.

Red: Andri Saubani
Seorang prajurit Israel mengecek kerusakan rumah milik ibunya di Tel Aviv, setelah hantaman roket dari Jalur Gaza.
Foto: AP Photo/Ohad Zwigenberg
Seorang prajurit Israel mengecek kerusakan rumah milik ibunya di Tel Aviv, setelah hantaman roket dari Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, Perang yang tak kunjung usai dan ancaman meluasnya eskalasi di kawasan semakin membuat ekonomi Israel terpuruk. Menurut seorang peneliti ekonomi Israel, nilai indikator yang lemah, investasi asing dan pariwisata yang menurun, serta eksodus warga yang mengkhawatirkan, menjadi gambaran suram bagi masa depan Israel.

“Krisis ekonomi hanya akan semakin memburuk. Tidak ada prospek pemulihan,” ujar ekonom politik Israel Shir Hever dalam wawancara dengan Anadolu.

Baca Juga

Premis Hever sejalan dengan opini terbaru Yoel Naveh, mantan kepala ekonom di Kementerian Keuangan Israel, yang mengatakan bahwa pemerintah harus bertindak "dengan tegas dan segera untuk … menghindari risiko krisis keuangan yang membayangi."

Arah saat ini, tambahnya, bisa “menyeret ekonomi Israel yang rusak oleh perang ke dalam resesi dan membahayakan keamanan nasional negara tersebut.”

Menurut perkiraan pada Agustus 2024 oleh ekonom Israel, biaya ekonomi dari serangan mematikan Israel di Gaza, di mana hampir 140 ribu warga Palestina terbunuh dan terluka sejak serangan lintas batas Hamas pada Oktober tahun lalu, diperkirakan lebih dari 67 miliar dolar AS (sekitar Rp1,04 kuadriliun). Bank Israel pun menyatakan pada Mei bahwa biaya perang akan melonjak hingga sekitar 250 miliar shekel (66 miliar dolar AS/sekitar Rp1 kuadriliun) hingga akhir tahun depan.

Di sisi lain, ekonomi Israel hanya tumbuh sebesar 0,7 persen pada kuartal kedua pada 2024, jauh di bawah prediksi analis Bursa Efek Tel Aviv, sebesar 3 persen. Pada Agustus, rasio defisit anggaran terhadap PDB berada pada minus 8,3 persen, meningkat dari minus 7,6 persen pada bulan Juni, minus 6,2 persen pada bulan Maret, dan minus 4,1 persen pada Desember tahun lalu.

Pada Agustus 2024 saja, defisit anggaran mencapai 12,1 miliar shekel (3,22 miliar AS atau sekitar Rp50,2 triliun). “Harga-harga tinggi. Standar hidup menurun. Ada inflasi. Nilai mata uang Israel menurun,” kata Hever.

Investasi asing telah mengering, lebih dari 85.000 orang keluar dari dunia kerja, dan ada "seperempat juta orang yang mengungsi secara internal dan kehilangan pekerjaan serta rumah mereka," tambahnya.

“Dan, tentu saja, sejumlah besar orang-orang yang meninggalkan negara ini ... Jumlah orang yang meninggalkan Israel tidak pernah terjadi sebesar ini sebelumnya, benar-benar dalam sejarah Israel,” ujarnya.

“Anda melihat orang-orang hanya membeli tiket satu arah untuk melihat apa yang akan terjadi. Ketika Anda melihat begitu banyak orang yang melakukan ini hanya untuk melindungi keluarga mereka, hasilnya adalah mereka yang tinggal merasa bahwa negara ini sedang dalam proses keruntuhan.”

Indikator ekonomi bukanlah “keseluruhan cerita,” dia menekankan.

“Keseluruhan cerita adalah perspektif populasi mengenai masa depan. Orang-orang yang tidak percaya bahwa ada masa depan. Orang-orang yang tidak percaya bahwa negara Israel akan pernah bisa pulih dari krisis ini,” katanya.

“Mereka tidak berinvestasi. Mereka tidak ingin membesarkan anak-anak mereka di Israel. Mereka tidak ingin mencari pekerjaan atau belajar. Ini berarti krisis ekonomi hanya akan semakin memburuk. Tidak ada prospek pemulihan.”

Orang Israel menarik tabungan mereka untuk dibawa keluar dari negara tersebut, dan pemerintah merespons dengan mengancam akan mengambil “dana pensiunmu dan menginvestasikannya di ekonomi,” ujarnya.

photo
Infografis Yahudi (ilustrasi) - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement