Ahad 06 Oct 2024 13:21 WIB

Di Balik Serangan Lebanon, Ini Gerakan dan Doktrin Agama yang Ingin Perluas Wilayah Israel

Israel gunakan doktrin agama untuk serang Lebanon

Red: Nashih Nashrullah
Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024).
Foto: AP Photo/Mohammed Zaatari
Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM- Ketika tentara pendudukan memperluas agresinya terhadap Lebanon, melancarkan serangan-serangan di pinggiran selatan Beirut dan membunuh para pemimpin Hizbullah, terutama Sekretaris Jenderalnya Hassan Nasrallah, suara-suara Israel yang menyerukan “pemukiman” di Lebanon selatan dengan dalih memulihkan keamanan dan keselamatan warga Israel di wilayah Galilea semakin lantang.

Berbagai asosiasi dan gerakan, terutama gerakan “Uri Hatzfon - Untuk Pemukiman di Lebanon Selatan”, menyerukan untuk mengeksploitasi perang melawan Hizbullah dan “menduduki Lebanon sebagai bagian dari tanah Israel yang lebih besar”.

Baca Juga

Para pemimpin politik dan militer Israel telah menggunakan retorika agama Alkitab dalam perang di berbagai bidang, yang menonjol dalam pidato Perdana Menteri Benjamin Netanyahu baru-baru ini di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Skema pemukiman

Gerakan “Uri Hatzfon” (Kulit Utara) memulai aktivitasnya pada 12 April 2024, untuk memperkuat kesadaran kolektif Israel dan mempromosikan - dalam realitas pertempuran dan perang - gagasan untuk menghidupkan kembali “Lebanon sebagai tanah air Yahudi yang makmur sebagai bagian dari Tanah Israel Raya,” demikian menurut Eliyahu Ben Asher, salah satu pendiri gerakan tersebut.

Gerakan ini mengibarkan bendera khusus dengan pohon aras yang ditanam di tanah yang dibingkai oleh Bintang Daud, dan para anggotanya ingin “menaklukkan Lebanon selatan sebagai langkah pertama menuju perbatasan Turki di utara dan Sungai Eufrat di Irak di timur,” menurut Ben Asher.

Materi propaganda gerakan ini di platform komunikasinya berbunyi, “Bagaimana kita akan menyelesaikan Galilea Utara yang baru?” Pada puncak kampanye utara, para anggota gerakan ini berencana untuk menyerbu wilayah-wilayah yang diduduki tentara dan “membangun pemukiman Yahudi di sana dan memaksakan fakta-fakta di lapangan.”

Menurut konsep pendirian gerakan ini, kesadaran tentang Lebanon berada dalam keadaan koma dan tertidur di antara masyarakat Israel pada umumnya, serta di antara masyarakat Yahudi Zionis yang percaya pada konsep “tanah air Yahudi” dari sudut pandang agama dan Alkitab.

Gagasan pendirian gerakan ini bermula dari gerakan “Zionisme Religius” yang dipimpin oleh Menteri Bezalel Smotrich, dan mengkristal setelah pembunuhan tentara berusia 24 tahun, Sokol, di Gaza pada 22 Januari 2024, karena ia adalah ayah baptis yang menghidupkan kembali gagasan pemukiman kembali di Lebanon selatan, dan mempromosikan - di antara para tentara selama perang - teks-teks Alkitab bahwa Lebanon adalah “bagian dari Israel Raya”.

BACA JUGA: Laporan Ini Beberkan Kondisi Sebenarnya Pangkalan Udara Israel yang Dirudal Iran

Mereka terus merekrut para aktivis pada bulan-bulan ketika Hizbullah dan IDF saling tembak di kedua sisi perbatasan, hingga mengadakan konferensi pertamanya pada 17 Juni 2024, dengan sengaja membuat konferensi virtual untuk memastikan partisipasi orang-orang Yahudi dari seluruh dunia.

Para pemukim...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement