Senin 07 Oct 2024 11:58 WIB

Ini 8 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Daun salam selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, daun yang memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum bisa juga untuk obat.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ani Nursalikah
Ini 8 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh
Ini 8 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

MAGENTA -- Daun salam selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, daun yang memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum itu bisa juga dimanfaatkan sebagai obat.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati efek hipoglikemik yang dimiliki oleh daun salam bermanfaat mengobati penyakit diabetes. Selain itu, ekstrak etanol pada daun salam juga bisa untuk mengobati sakit perut/diare yang diakibatkan oleh bakteri E. coli.

Khasiat daun yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Indonesian bay leaf atau Indonesian laureldaun bisa juga dimanfaatkan untuk pengobatan asam urat, radang lambung, mengatasi batuk, memutihkan gigi secara alami, serta menurunkan berat badan dan tekanan darah.

Cara Meracik Daun Salam Sebagai Obat:

1. Mengobati penyakit diabetes melitus

Ambil 5 lembar daun salam. Tambahkan 30 gram sambiloto. Cuci kedua bahan hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air. Sisakan 1 gelas dan minum sebelum makan agar penyerapan sempurna. Lakukan secara rutin sehari 2 kali.

2. Mengobati sakit perut/diare

Siapkan 15 lembar daun salam. Cuci hingga bersih. Rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan garam secukupnya.

3. Mengobati asam urat

Ambil 10 lembar daun salam segar. Cuci bersih dan rebus dengan 4 gelas air, didihkan, Sisakan airnya hingga 1 gelas saja. Saring lalu minum selagi masih hangat.

4. Mengatasi radang lambung

Siapkan sekitar 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, serta gula batu. Cuci bersih daun salam dan sambiloto. Rebus dengan 3 gelas air, tambahkan gula batu secukupnya.

Biarkan sampai mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas. Saring dan minum secara rutin 2 kali sehari.

5. Mengobati batuk

Ambil 10-15 lembar daun salam kering dan 1 buah lemon/jeruk nipis. Cuci bersih kedua bahan dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Tambahkan 3 sdm madu. Sisakan airnya hingga kira-kira tersisa 1 gelas saja. Dinginkan.

Setelah dingin, tuang dalam wadah yang tertutup dan kedap udara. Simpan dalam lemari es Minum secara rutin 2-3 sendok per hari. Sebelum diminum bisa dihangatkan terlebih dahulu atau langsung dalam keadaan dingin.

6. Memutihkan gigi secara alami

Ambil daun salam dan kulit jeruk secukupnya. Jemur hingga kering. Setelah kering, tumbuk hingga halus. Campurkan kedua bahan dengan menggunakan air.

Aduk merata. Air tidak usah terlalu banyak, yang penting adonan bisa berbentuk seperti pasta. Gunakan seperti pasta gigi biasa.

7. Menurunkan berat badan

Ambil 20-30 lembar daun salam. Cuci sampai bersih. Rebus dengan menggunakan 4 gelas air dan hanya menyisakan setengahnya. Angkat dan dinginkan. Minum pada saat pagi dan malam masing-masing sebanyak 1 gelas.

 

8. Menurunkan tekanan darah

Siapkan 7-10 lembar daun salam. Cuci bersih kemudian rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum secara rutin 2 kali sehari masing-masing gelas saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement