Senin 07 Oct 2024 13:42 WIB

Penutupan Jalan Selama WJNC, Pengendara Diimbau Gunakan Jalur Alternatif

Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2023 di Tugu Pal Putih, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2023 di Tugu Pal Putih, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Sejumlah jalan menuju lokasi digelarnya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ditutup Senin (7/10/2024) ini. Untuk itu, pengendara diminta mengambil jalur atau rute alternatif.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Hary Purwanto mengatakan, penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB.

Meski begitu, dalam pelaksanaannya nanti tetap akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat hari H pelaksanaan WJCN. Penutupan ini dilakukan di jalur-jalur yang menuju ke arah Tugu Pal Putih, tempat digelarnya WJNC.

“Cukup banyak ruas jalan yang ditutup, dan tentunya akan menimbulkan dampak lalu lintas. Dengan itu, harapan kami bagi masyarakat yang tidak punya kepentingan langsung untuk melintas ke arah Kawasan Tugu Pal Putih, bisa mengambil jalan alternatif,” kata Hary dalam keterangannya belum lama ini.

Sejumlah jalur yang ditutup selama WJNC yakni Jalan Jendral Sudirman, Jalan Margo Utomo, Jalan Mangkubumi, dan Jalan Pangeran Diponegoro. Untuk itu, pengendara diminta agar tidak melewati jalan-jalan tersebut dan mencari jalur alternatif lain.

Hary menuturkan, penutupan sejumlah jalan yang merupakan bagian dari manajemen dan rekayasa lalu lintas gelaran WJNC di 2024 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya hanya pada kantong parkir dan ruas jalan yang ditutup secara total.

“Secara prinsip garis besarnya sama, yang beda itu dulu Jalan Sabirin masih dibuka, tapi tahun ini ruas jalannya ditutup. Kemudian di Jalan Diponegoro dulu dijadikan tempat parkir VIP, tapi untuk sekarang akan menjadi clear area, karena merupakan bagian dari rute karnaval dan mobilisasi kendaraan hias,” ucap Hary.

Hary pun mewanti-wanti masyarakat khususnya pengendara agar bisa memahami ruas jalan mana saja yang akan ditutup selama digelarnya WJNC. Dengan begitu, pengendara dapat mengantisipasi kemacetan dengan mengambil jalur alternatif lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement