Senin 07 Oct 2024 17:42 WIB

Lebih dari 30 Ribu Keluarga Kena Dampak Banjir Besar di Thailand

Sebanyak 20 provinsi di Thailand masih berjuang mengatasi dampak banjir.

Red: Qommarria Rostanti
Orang-orang yang dievakuasi dari desa yang dilanda banjir di Provinsi Lopburi, Thailand. Lebih dari 30 ribu keluarga terkena dampak banjir di Thailand.
Foto: EPA-EFE/RUAMKATANYU FOUNDATION
Orang-orang yang dievakuasi dari desa yang dilanda banjir di Provinsi Lopburi, Thailand. Lebih dari 30 ribu keluarga terkena dampak banjir di Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Banjir yang meluas telah melanda beberapa wilayah di Thailand, mengakibatkan ribuan keluarga kehilangan tempat tinggal dan harta benda. Disebutkan banjir tersebut berdampak pada lebih dari 30 ribu keluarga di seluruh Thailand ketika operasi penyelamatan dan bantuan sedang berlangsung.

Sebanyak 20 provinsi di wilayah utara dan timur laut masih berjuang untuk mengatasi dampak banjir, demikian yang dilaporkan Bangkok Post pada Ahad (6/10/2024). Menurut Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand, banjir melanda Ang Thong, Ayutthaya, Buri Ram, Chaiyaphum, Chiang Mai, Chiang Rai, Kalasin, Lampang, Lamphun, Maha Sarakham, Nakhon Ratchasima, Nakhon Sawan, Phetchabun, Phitsanulok, Sing Buri, Provinsi Sukhothai, Suphan Buri, Tak, Ubon Ratchathani dan Udon Thani.

Baca Juga

Banjir yang terjadi sejak 16 Agustus tersebut berdampak pada 34.373 keluarga dan setidaknya 26 orang meninggal dunia di seluruh negeri. Sementara itu, operasi pencarian dan penyelamatan telah diluncurkan setelah dua ekor gajah tenggelam akibat banjir di Elephant Nature Park di Chiang Mai, salah satu kota yang terkena dampak paling parah.

Sebuah usaha sekuat tenaga sedang dilakukan untuk menemukan hewan-hewan yang terdampar di air yang makin tinggi dan arus banjir yang deras, kata pihak berwenang. Helikopter Angkatan Udara Kerajaan Thailand turut mengambil bagian dalam operasi tersebut.

Taman itu menjadi rumah bagi 126 ekor gajah, dua diantaranya dipastikan mati setelah tersapu air banjir. Phang Fah Sai, seekor gajah betina, ditemukan mati di dekat resor Sibsan di distrik Mae Taeng pada Sabtu pagi. Sedangkan gajah mati lainnya diyakini adalah Plang Mae Khor yang mengalami cacat kaki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement