Rabu 09 Oct 2024 17:23 WIB

Jurgen Klopp Kembali ke Lapangan Sepak Bola, Jadi Kepala Sepak Bola Global di Red Bull

Klopp akan menjadi mentor para pelatih klub di bawah naungan Red Bull.

Red: Israr Itah
Jurgen Klopp
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pelatih Liverpool Jurgen Klopp kembali ke dunia sepak bola setelah rehat yang lebih singkat dari perkiraan. Produsen minuman berenergi Red Bull mengumumkan pada Rabu (9/10/2024) bahwa pelatih asal Jerman itu akan menjadi kepala sepak bola global mulai Januari 2025. Ia akan mengawasi jaringan klub internasional Red Bull.

"Ia tidak akan terlibat dalam operasi klub sehari-hari, tetapi akan memberikan visi strategis, mendukung direktur olahraga individu dalam memajukan filosofi Red Bull," kata pernyataan itu. "Selain itu, pria berusia 57 tahun itu akan mendukung operasi pemantauan bakat global organisasi, dan berkontribusi pada pelatihan dan pengembangan pelatih."

Baca Juga

Klopp mengatakan ia akan mengambil "istirahat panjang" dari dunia sepak bola setelah memimpin Liverpool meraih tujuh trofi utama selama hampir sembilan tahun bertugas di Anfield. Masa jabatannya berakhir dengan kemenangan 2-0 atas Wolverhampton pada Mei.

Namun, tampaknya prospek keterlibatan dalam sepak bola tanpa intensitas kepelatihan sehari-hari dan tekanan yang menyertainya merupakan prospek yang dengan senang hati dimanfaatkan Klopp.

"Setelah hampir 25 tahun di pinggir lapangan, saya sangat gembira terlibat dalam proyek seperti ini," kata Klopp dalam pernyataan Red Bull. "Peran saya mungkin telah berubah, tetapi hasrat saya terhadap sepak bola dan orang-orang yang menjadikan permainan ini seperti sekarang ini tidak berubah."

Sebelum bergabung dengan Liverpool dan membantu membangkitkan kembali kejayaan klub, Klopp memimpin Borussia Dortmund meraih gelar Bundesliga dua kali berturut-turut. Sebelumnya, ia menjadi terkenal sebagai pelatih Mainz dari tahun 2001-08.

Ia memimpin Liverpool meraih gelar Liga Champions pada tahun 2019 dan gelar Liga Primer pada musim berikutnya, mengakhiri penantian selama 30 tahun bagi klub kota pelabuhan yang terkenal itu.

Dalam tugas barunya di Red Bull, Klopp akan mengawasi daftar pemain yang mencakup rival Dortmund di Bundesliga RB Leipzig, tim Austria RB Salzburg, New York Red Bulls, Bragantino di Brasil, dan Omiya Ardija di Jepang.

"Saya melihat peran saya terutama sebagai mentor bagi para pelatih dan manajemen klub Red Bull, tetapi pada akhirnya saya adalah satu bagian dari organisasi yang unik, inovatif, dan berwawasan ke depan. Seperti yang saya katakan, ini sangat menggembirakan saya," kata Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement