Rabu 09 Oct 2024 19:31 WIB

KPU Jadwalkan Debat Pilgub Jabar Tanggal 11, 17 dan 23 November

Materi debat akan dikaitkan dengan RPJMD Jawa Barat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni
Foto: Dok Republika
Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) menjadwalkan debat pasangan calon (Paslon) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar pada 11, 17 dan 23 November mendatang. Mereka saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan debat dan merumuskan materi debat.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan, debat pasangan calon mengacu kepada peraturan KPU nomor 13 dan petunjuk teknis nomor 1363. Mereka akan membentuk tim perumus debat berjumlah tujuh orang untuk menentukan tema dan teknis debat.

Baca Juga

"Hari ini kami mengundang tim perumus tujuh orang dan juga ada dua narasumber yang kami undang. Tim perumus bisa dari professional, tokoh masyarakat dan akademisi," ujar Ummi, Rabu (9/10/2024).

Ummi mengatakan materi debat akan dikaitkan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Jabar. Termasuk membahas terkait hak-hak penyandang disabilitas.

Ia menyebut pelaksanaan debat akan dilaksanakan di tiga wilayah yang berbeda di Provinsi Jabar yaitu di Kabupaten Bogor, Cirebon dan Kota Bandung. Tiap sesi debat berisi materi yang berbeda. "Ada enam tema nanti dirumuskan oleh tim perumus kemudian nanti dibagi lagi di dalam 3 kali debat yang sudah kami tentukan di tanggal 11, 17, dan 23 November," katanya.

Tim perumus Yusfitriadi mengatakan tengah merumuskan materi-materi debat yang akan dibahas dalam debat Pilgub 2024. Materi yang dibahas selaras dengan kerangka pembangunan provinsi yang telah direncanakan baik jangka pendek maupun panjang.

Ia mengatakan Bappenda Jabar telah memberikan pemaparan terkait program pemerintah daerah mulai dari tata kelola pemerintahan, SDM, infrastruktur, pertanian dan lainnya. "Paparannya itu semua aspek dari mulai tata kelola pemerintahan, SDM, infrastruktur, pusat dan daerah, pertanian, termasuk inklusivitas pelibatan program pemerintah," kata dia.

Sementara menurut Ramadhan Pancasilawan, anggota tim perumus lainnya membahas enam tema besar yang dibahas akan dipecah menjadi lebih spesifik, sesuai masukan dari kedua narasumber. "Kami sudah membagi enam tema besar, dan nanti akan kami spesifikasikan sesuai dengan materi yang disampaikan oleh narasumber," kata Ramadhan.

Dengan persiapan ini, KPU Jabar berharap debat calon gubernur dan wakil gubernur dapat berjalan dengan baik, mendalam dan mencakup isu-isu strategis yang relevan dengan pembangunan dan kesejahteraan di Jabar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement