Rabu 09 Oct 2024 22:45 WIB

Presenter Donny de Keizer Mohon Maaf Gunakan Istilah Garuda Bule untuk Pemain Naturalisasi

Donny sebelumnya menjadi sasaran amarah netizen.

Rep: Erik/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Australia di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (11/9/2024).
Foto: Republika/Edwin Putranto
Pemain timnas Indonesia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Australia di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (11/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter Nusantara TV Donny de Keizer menyampaikan permohonan maaf atas istilah Garuda Bule yang ia gunakan saat membawakan acara NTV Prime. Dalam talkshow berjudul 'Garuda Cakar Bahrain, Bisa Nggak Nih?' yang disiarkan Nusantara TV itu, Donny menggunakan istilah Garuda Bule merujuk para pemain naturalisasi di timnas Indonesia.

Donny melemparkan pertanyaan dengan menggunakan diksi Garuda Bule kepada dua analis bola yang menjadi narasumbernya, yaitu Binder Singh dan Anton Sanjoyo.

Baca Juga

"Artinya lawan Bahrain ini nanti tim Garuda nggak 100 persen Garuda bule ya?" kata Donny sembari tertawa dalam video viral dikutip Republika.co.id di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pernyataan Donny itu sempat disambut tawa renyah oleh Anton dan senyum Binder. "Yang terakhir saja kan sembilan pemain naturalisasi, dua pemain bukan," ujar Anton.

Donny pun menjelaskan, dengan dua tambahan pemain naturalisasi, ada kemungkinan timnas Indonesia diisi semuanya oleh bule atau keturunan Barat. Adapun dua pemain yang dimaksud Donny itu adalah Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders, yang baru meraih status warga negara Indonesia (WNI) pada 30 September 2024.

Sontak saja, julukan Donny kepada pemain timnas Indonesia yang didominasi naturalisasi itu membuat marah bahkan murka warganet. Di beberapa tayangan video Tiktok, warganet mempertanyakan cara berpikir Donny dalam menilai timnas Indonesia.

Donny menyadari kesalahan tersebut dan meminta maaf dalam acara bincang sepak bola di tv yang sama pada Rabu (9/10/2024).

"Saya ingin menyampaikan klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas penggunaan istilah Garuda bule yang Senin lalu sempat saya gunakan dalam dialog NTV Prime dengan narasumber Bung Anton Sanjoyo dan Binder Singh. Pemirsa, frasa yang saya gunakan itu adalah untuk bertanya tentang timnas yang berpeluang diisi oleh semua pemain naturalisasi. Jadi, tidak ada maksud sama sekali untuk merendahkan menghina apalagi terkait dengan rasisme. Selama ini, kami NTV mendukung habis perjuangan timnas Indonesia untuk berprestasi di pentas dunia," kata Donny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement