Kamis 10 Oct 2024 14:06 WIB

Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah atau Janji Pimpinan DPRD Jawa Barat Periode 2024-2029

Tantangan dalam upaya meningkatkan peranan dan fungsi DPRD kedepan tidaklah ringan.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2024-2029 Buky Wibawa saat Rapat Paripurna di Kota Bandung. Rabu, (9/1024).
Foto: DPRD Jabar
Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2024-2029 Buky Wibawa saat Rapat Paripurna di Kota Bandung. Rabu, (9/1024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat gelar Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah atau Janji Pimpinan DPRD Jabar masa jabatan 2024-2029. Pimpinan DPRD Jawa Barat definitif periode 2024-2029 yang dilantik tersebut di antaranya; Buky Wibawa sebagai Ketua DPRD Jawa Barat, Wakil Ketua I Iwan Suryawan, Wakil Ketua II M Q Iswara, Wakil Ketua III Ono Surono, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat IV Acep Jamaludin.

Rapat paripurna pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Jawa Barat definitif periode 2024-2029 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat sementara Brigadir Jenderal TNI (Purn) Taufik Hidayat, turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat sementara Iwan Suryawan. Hadir pula Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Baca Juga

Taufik Hidayat menjelaskan, pimpinan DPRD Jawa Barat sementara telah menerima keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.4-4242 tahun 2024 tanggal 8 Oktober 2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Jawa Barat. Menindaklanjuti keputusan Menteri Dalam Negeri tersebut, maka pada hari ini diagendakan rapat paripurna pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Jawa Barat masa jabatan 2024-2029 yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung.

“Namun sebelumnya perlu kami menyampaikan, dengan akan diresmikannya pimpinan DPRD Jawa Barat masa jabatan 2024-2029 pada rapat paripurna hari ini. Kami informasikan bahwa pimpinan DPRD sementara telah menyelesaikan tugas sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Perundang-Undangan,” kata Taufik Hidayat.

Tugas yang dimaksud dalam Peraturan Perundang-Undangan tersebut yakni, memimpin rapat-rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan tata tertib DPRD melalui pembentukan Panitia Khusus (Pansus) I, dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Perlu kami sampaikan penetapan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD masih menunggu fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri. Maka untuk penetapannya akan ditetapkan oleh pimpinan DPRD definitif,” kata dia. Rabu, (9/1024).

Selanjutnya, tugas terakhir pimpinan DPRD Jawa Barat sementara yaitu, memproses penetapan pimpinan DPRD definitif yang dilaksanakan pada rapat paripurna hari ini, dengan selesainya tugas dimaksud. “Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini. Sehingga tugas-tugas DPRD berjalan sesuai harapan, dan kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan sementara terdapat kekurangan dan kekhilafan,” ucap Taufik Hidayat.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2024-2029 Buky Wibawa mengatakan, sehubungan telah diterimanya palu sidang secara simbolis ini. Maka atas nama pimpinan DPRD Jawa Barat masa jabatan 2024-2029 mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pimpinan sementara, dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang telah menyelenggarakan rapat paripurna hari ini.

Pihaknya menyadari tantangan dalam upaya meningkatkan peranan dan fungsi DPRD kedepan tidaklah ringan, terlebih lagi menghadapi tuntutan masyarakat yang sejalan dengan dinamika kehidupan di berbagai bidang. “Untuk itu marilah kita bangun komitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas kerja melalui sinergitas para pemangku kepentingan di Provinsi Jawa Barat,” kata dia mengakhiri.

Sementara itu Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mengatakan, prinsip utama untuk menghadapi tantangan itu, sinergi dan bekerja sama serta diwujudkan dengan komunikasi yang kuat. Kedua belah pihak saling mendukung dan melengkapi dalam mewujudkan kebijakan. “Komitmen bersama untuk menciptakan Jabar lebih maju dan sejahtera, berdaya saing, fokus pada pembangunan yang berkelanjutan. Agar Jabar bisa bersaing nasional maupun global,” katanya.

Pihaknya berharap pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2024-2029 semakin solid sebagai mitra kerja eksekutif. Terlebih dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement