Kamis 10 Oct 2024 20:00 WIB

Enerland: Inisiatif Edukasi Interaktif dari Energen untuk Dukung Kebiasaan Sarapan Bergizi

Inisiatif ini sejalan dengan kegelisahan pemerintah terkait mutu gizi sarapan.

Energen, merek minuman susu dan sereal asli Indonesia, menghadirkan Enerland, sebuah pengalaman edukasi interaktif pertama di Indonesia yang bertempat di fX Sudirman dari tanggal 10-13 Oktober 2024 dan bertujuan untuk mempromosikan pentingnya sarapan bergizi lengkap bagi anak-anak Indonesia.
Foto: Energen
Energen, merek minuman susu dan sereal asli Indonesia, menghadirkan Enerland, sebuah pengalaman edukasi interaktif pertama di Indonesia yang bertempat di fX Sudirman dari tanggal 10-13 Oktober 2024 dan bertujuan untuk mempromosikan pentingnya sarapan bergizi lengkap bagi anak-anak Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Energen, merek minuman susu dan sereal asli Indonesia, menghadirkan Enerland, sebuah pengalaman edukasi interaktif pertama di Indonesia yang bertempat di fX Sudirman dari tanggal 10-13 Oktober 2024 dan bertujuan untuk mempromosikan pentingnya sarapan bergizi lengkap bagi anak-anak Indonesia.

Menghadirkan tokoh di bidangnya, seperti dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc, Sp.A dan Celebrity Moms seperti Jessica Iskandar, acara ini memberikan cara yang menyenangkan dan interaktif bagi keluarga untuk memahami manfaat sarapan bergizi lengkap dalam mendukung aktivitas harian dan proses belajar anak.

Baca Juga

Inisiatif ini sejalan dengan kegelisahan pemerintah terkait mutu gizi sarapan anak-anak Indonesia yang masih memprihatinkan, di mana Kementerian Kesehatan pada tahun 2020 menemukan bahwa selain sarapan dengan kualitas gizi yang rendah, anak-anak tersebut tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Hampir separuh anak-anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan, terutama karena kebiasaan sarapan yang belum tertanam kuat dalam budaya masyarakat.

Sarapan Sehat untuk Optimalisasi Aktivitas dan Belajar Anak Berdasarkan Survei Diet Total (SDT) tahun 2020, sebanyak 66,8 persen anak Indonesia masih mengkonsumsi sarapan dengan kualitas gizi rendah. Sarapan bergizi lengkap juga belum menjadi kebiasaan kebanyakan anak Indonesia.

Saat ini, pemerintah terus berupaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gizi lengkap dan seimbang bagi anak usia sekolah. Asupan gizi yang lengkap dan seimbang, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat hingga mineral esensial, akan membantu meningkatkan fungsi otak sehingga anak dapat lebih berkonsentrasi dan mencapai prestasi belajar yang optimal.

Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) juga aktif menggalakkan budaya sarapan sehat dan

bergizi lengkap bagi anak-anak.

Menanggapi hal ini, dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc, Sp.A menyatakan, “Perkembangan anak yang optimal membutuhkan sinergi antara nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat. Asupan gizi seimbang mendukung perkembangan fisik dan otak, sementara stimulasi yang optimal sesuai usia dan potensi anak akan membantu memperkuat kemampuan kognitif, fisik, hingga personal sosial anak. Keduanya harus berjalan beriringan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang maksimal sesuai dengan potensi mereka.”

Nutrisi dan kebiasaan sarapan anak juga tidak bisa lepas dari peran orang tua. Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan makan anak-anak, termasuk kebiasaan sarapan yang sehat. Orang tua yang terlibat dalam persiapan makanan dan menyediakan sarapan bergizi lengkap dapat meningkatkan asupan nutrisi anak.

Jessica Iskandar, selebritis dan Ibu 2 anak, juga menekankan pentingnya sarapan bergizi lengkap bagi anak, "Sebagai Ibu, saya sangat paham terkadang kita menganggap sarapan yang kenyang saja sudah cukup, padahal sarapan itu juga harus bergizi lengkap. Di sini, peran orang tua sangat penting dalam memastikan anak-anak mendapatkan sarapan bergizi lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, serat, mineral, dan vitamin yang cukup membantu anak tumbuh sehat dan siap menghadapi tantangan hariannya. Karena tidak hanya ibunya, sekarang

pun anak-anak juga sama sibuknya, jadi kita sebagai orang tua harus kreatif dalam berkreasi menghadirkan sarapan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi gizinya juga lengkap."

Salah satu pilihan menu sarapan yang bergizi lengkap adalah sereal. Seperti yang dijelaskan dalam The Pharma Journal, sereal merupakan salah satu sumber energi utama bagi kesehatan. Baik sereal utama maupun minor dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan ataupun semi-olahan, sering kali dengan tambahan bahan makanan lain. Sereal mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin mineral dan susu, baik yang larut maupun tidak larut. Dengan kandungan nutrisi tersebut, sereal menjadi pilihan ideal untuk sarapan yang memberikan energi optimal bagi anak-anak sepanjang hari.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement