Jumat 11 Oct 2024 00:03 WIB

Babak Pertama, Indonesia Tahan Imbang Bahrain 1-1

Ragnar Oratmangoen mencetak gol penyeimbang pada injury time babak pertama.

Ragnar Oratmangoen
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ragnar Oratmangoen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia sementara menahan Bahrain 1-1 pada babak pertama matchday ketiga Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Gol indah Mohamed Marhoon berhasil disamakan oleh Ragnar Oratmangoen pada laga di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024).

Bahrain membuka gol pada menit ke-15 dari tendangan bebas. Sepakan gratis diberikan kepada tuan rumah setelah Rafael Struick melanggar pemain Bahrain dalam upayanya merebut kembali bola untuk melancarkan serangan balik.

Baca Juga

Bola cukup jauh di luar kotak penalti dan nampak tak begitu membahayakan. Namun Marhoon berhasil menghukum kesalahan Struick dengan mencetak gol lewat tendangan spektakuler. Maarten Paes sampai tak bisa bereaksi, hanya bisa menatap bola.

Bola dari tendangan keras Marhoon mengenai mistar bagian dalam, memantul melewati garis gawang untuk kemudian melenting keluar. Bola kemudian disapu oleh Jay Idzes, sementara pemain Bahrain memberi sinyal gol. 

Beberapa detik, kemudian wasit menunjuk ke tengah memberi sinyal tanda gol telah tercipta yang disambut suka cita para pemain Bahrain.

Gol ini membuat Indonesia terpacu untuk keluar menyerang. Namun Bahrain bermain disiplin dan justru lebih banyak mendapatkan kesempatan menciptakan peluang. Termasuk satu kesalahan backpass Jay Idzes yang hampir membahayakan gawang Maarten Paes.

Setelah kesusahan menembus pertahanan Bahrain, skuad Garuda akhirnya berhasil menyamakan skor lewat percobaan pertamanya yang mengarah ke gawang. Berawal dari umpan silang di sisi kiri pertahanan Bahrain, Mees Hilgers menyambut bola dengan perutnya. Bola mengalir ke depan gawang Bahrain dan dengan sigap disambut oleg Ragnar pada menit ke-45+3. Ia melepaskan tendangan mendatar ke sisi kanan kiper Bahrain Ebrahim Lufallah yang melesak mulus ke dalam gawang.

Wasit Ahmed Al Kaf sempat menunggu lama untuk pengecekan VAR memastikan tidak ada pelanggaran, handball, atau offside. Akhirnya sekitar semenit kemudian, wasit dari Oman ini menunjuk ke tengah tanda gol disahkan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement