Jumat 11 Oct 2024 07:19 WIB

Israel Berulang Kali Menembaki Markas Unifil, Ini Kondisi TNI yang Jadi Korban

israel serang markas Unifil

Kondisi pasukan TNI yang bertugas sebagai UNIFIL kala diserang militer Zionis Israel (IDF) di Naquora, Lebanon Selatan, Kamis (10/10/2024) pagi waktu setempat.
Foto: Republika.co.id
Kondisi pasukan TNI yang bertugas sebagai UNIFIL kala diserang militer Zionis Israel (IDF) di Naquora, Lebanon Selatan, Kamis (10/10/2024) pagi waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, UNIFIL -- Militer Israel dilaporkan telah berulang kali menembaki markas besar dan posisi UNIFIL di Lebanon selatan. Serangan tersebut melukai dua anggota pasukan penjaga perdamaian saat Israel terus menyerang Hizbullah.

Media Italia ANSA melansir bahwa sumber mereka di Lebanon melaporkan, seorang tentara Indonesia jadi korban serangan Israel terhadap pos pasukan perdamaian PBB di Lebanon (Unifil) pada Kamis. Selain WNI itu, pos Italia juga diserang.

Baca Juga

“Menurut sumber militer Lebanon, pasukan penjaga perdamaian tersebut adalah warga negara Indonesia yang terluka ketika tank Israel melepaskan tembakan ke menara observasi di pangkalan tersebut,” tulis ANSA yang merupakan media terkemuka di Italia tersebut. Sumber medis setempat mengatakan kedua penjaga perdamaian PBB tersebut tidak mengalami cedera serius.

Unifil mengatakan pada Kamis bahwa dua penjaga perdamaiannya terluka setelah sebuah tank Israel menembakkan senjatanya ke menara penjaga di markas besar kelompok itu, yang terletak di kota daerah perbatasan Naqoura.

Serangan terhadap menara itu telah menyebabkan dua penjaga perdamaian itu jatuh. "Cederanya untungnya, kali ini, tidak serius, tetapi mereka masih dirawat di rumah sakit," kata Unifil dalam sebuah pernyataan dilansir dari Aljazirah.

Dua penjaga perdamaian pasukan penjaga perdamaian Unifil dilaporkan terluka, namun tidak serius dalam insiden itu. Tidak ada korban dalam dua insiden lainnya yang terjadi pada Rabu dan Kamis. Dalam kedua kasus tersebut, posisi Unifil ditembaki Israel, kata sumber tersebut.

Tentara Israel juga menembaki posisi PBB – bernama "1-31" - di desa Labbouneh. IDF menghantam pintu masuk bunker tempat penjaga perdamaian berlindung, dan merusak kendaraan dan sistem komunikasi.

Pasukan penjaga perdamaian melaporkan, mereka telah mengamati pesawat nirawak militer Israel terbang di dalam posisi PBB hingga ke pintu masuk bunker. Pada Rabu, tentara Israel telah "sengaja menembaki dan menonaktifkan" "kamera pemantau" posisi tersebut, kata dia.

Militer Israel juga telah "sengaja menembaki" posisi PBB kedua – bernama 1-32A – di daerah perbatasan Ras Naqoura, tempat pertemuan rutin diadakan sebelum konflik dimulai, "merusak penerangan dan stasiun relai", kata Unifil.

Andrea Tenenti, juru bicara Unifil, telah memberi tahu Aljazirah bahwa serangan Israel terbaru adalah perkembangan yang "sangat serius" dan mengkhawatirkan.

Tenti mengatakan, Unifil sedang berdiskusi dengan otoritas Israel "untuk memahami apa yang terjadi" tetapi menekankan bahwa "menargetkan pasukan penjaga perdamaian adalah pelanggaran yang sangat serius, tidak hanya terhadap Resolusi 1701 tetapi juga hukum humaniter internasional."

Ia mengatakan militer Israel sebelumnya telah meminta pasukan penjaga perdamaian UNIFIL “untuk pindah dari posisi tertentu di sepanjang Garis Biru, tetapi kami memutuskan untuk tetap tinggal karena penting bagi bendera PBB untuk berkibar di selatan Lebanon”.

“Jika situasi menjadi tidak memungkinkan bagi misi untuk beroperasi di selatan Lebanon … terserah kepada Dewan Keamanan untuk memutuskan bagaimana cara bergerak maju,” katanya.

Tidak ada komentar langsung dari militer Israel, yang melancarkan serangan yang meluas di Lebanon terhadap kelompok bersenjata Hizbullah yang terkait dengan Iran. Tidak ada korban yang dilaporkan dalam dua serangan terhadap posisi PBB, yang terjadi pada hari Rabu dan Kamis, menurut kantor berita Reuters.

Hizbullah mengatakan sebelumnya bahwa mereka telah menargetkan tank Israel dengan peluru kendali saat tank itu bergerak maju ke Ras Naqoura, sebelum menyerang pasukan Israel dengan salvo rudal saat pasukan itu mencoba menarik tentara yang terluka keluar dari daerah tersebut.

 

Tak dapat ditoleransi..

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement