Jumat 11 Oct 2024 16:30 WIB

Kisah di Balik Turunnya Syariat Tayamum

Inilah kisah di balik turunnya wahyu tentang bolehnya bertayamum.

Rep: mgrol 154/ Red: Hasanul Rizqa
Tayamum
Foto: prayerinislam
Tayamum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kondisi tidak ada air atau sedang sakit, Islam meringankan seseorang untuk tetap mendirikan shalat. Alih-alih berwudhu, seseorang dapat melakukan tayamum.

Tayamum adalah bersuci dari hadas kecil atau besar dengan debu, pasir, atau tanah yang suci. Tata caranya diatur menurut syariat.

Baca Juga

Kisah turunnya wahyu tentang tayamum berawal dari peristiwa yang melibatkan ummul mukminin, 'Aisyah radhiyallahu 'anha. Dalam perjalanan pulang dari medan jihad, putri Abu Bakar ash-Shiddiq itu mengaku kehilangan kalungnya. Benda itu terbuat dari manik-manik zhifar yang indah.

Mengetahui itu, Nabi Muhammad SAW lalu menyuruh rombongan Muslimin untuk berhenti di Awwalatul Jaisy, yang berjarak sekitar Madinah. Beliau lalu menyuruh beberapa orang untuk mencarikan kalung milik istrinya itu. Benda itu diperkirakan jatuh di sekitar lokasi tersebut.

Semalaman orang-orang itu mencari, kalung tersebut tidak jua ditemukan. Barulah di sepertiga malam, benda itu berhasil didapatkan.

Sementara itu, perbekalan kaum Muslimin sudah habis. Sebab, makanan dan minuman disimpan dengan perkiraan bahwa mereka akan tiba di Madinah pada waktu sebelum isya.

Menjelang subuh, beberapa orang mengeluh kepada Abu Bakar. "Tidakkah engkau lihat apa yang dilakukan 'Aisyah? Ia telah menghentikan laju Rasulullah dan kaum Muslimin, padahal tempat ini (Awwalatul Jaisy) tidak ada air, dan kita pun kehabisan air," katanya.

Abu Bakar akhirnya ikut gusar. Pada waktu Ia lalu mendatangi kemah 'Aisyah. Ternyata, Rasulullah SAW sedang tertidur di pangkuan sang ummul mukminin.

"Lihatlah apa yang kau lakukan! Kau menahan kita semua hanya karena kalung!?" kata Abu Bakar kepada putrinya itu dengan nada kesal, tetapi sambil berbisik agar tak membangunkan Rasulullah.

'Aisyah merasa amat bersalah. Namun, ia tidak mau menangis atau bersuara karena takut akan membangunkan Rasulullah SAW yang sedang berada di pangkuannya.

Kemudian, Nabi SAW terbangun menjelang kumandang azan subuh. Kaum Muslimin kebingungan karena tidak ada air untuk berwudhu.

Turunlah wahyu Allah Ta'ala, yakni surah al-Maidah ayat keenam.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قُمۡتُمۡ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغۡسِلُوۡا وُجُوۡهَكُمۡ وَاَيۡدِيَكُمۡ اِلَى الۡمَرَافِقِ وَامۡسَحُوۡا بِرُءُوۡسِكُمۡ وَاَرۡجُلَكُمۡ اِلَى الۡـكَعۡبَيۡنِ‌ ؕ وَاِنۡ كُنۡتُمۡ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوۡا‌ ؕ وَاِنۡ كُنۡتُمۡ مَّرۡضَىٰۤ اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ اَوۡ جَآءَ اَحَدٌ مِّنۡكُمۡ مِّنَ الۡغَآٮِٕطِ اَوۡ لٰمَسۡتُمُ النِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُوۡا مَآءً فَتَيَمَّمُوۡا صَعِيۡدًا طَيِّبًا فَامۡسَحُوۡا بِوُجُوۡهِكُمۡ وَاَيۡدِيۡكُمۡ مِّنۡهُ‌ ؕ مَا يُرِيۡدُ اللّٰهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُمۡ مِّنۡ حَرَجٍ وَّلٰـكِنۡ يُّرِيۡدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَ لِيُتِمَّ نِعۡمَتَهٗ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ‏

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya cukup bagi kalian menepuk kedua tangan di atas tanah sekali tepukan. Kemudian, dengan keduanya, engkau usap wajahmu dan kedua tetapak tanganmu" (muttafaq 'alaih).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement