Sabtu 12 Oct 2024 10:13 WIB

Jelang Purnatugas, Jokowi Nostalgia di SD Hingga SMA-nya di Solo

Presiden Jokowi mengunjungi tempat sekolahnya di SDN, SMPN, dan SMAN di Kota Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinggal menghitung hari menjelang purnatugas pad 20 Oktober 2024. Mengisi waktu akhir pekan, Jokowi  melakukan kunjungan ke sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di Kota Solo, tempat ia dulu menimba ilmu.

Pantauan Republika.co.id, Jokowi tiba di SDN Tirtoyoso 111, Kota Solo pada Sabtu (12/10/2024) sekitar pukul 08.11 WIB. Setibanya di sana, Jokowi disambut murid dan guru. Dia juga sempat membagikan sembako dan amplop kepada tukang becak serta warga sekitar.

Baca Juga

Kepala SDN Tirtoyoso 111 Leliy Maria mengatakan, Jokowi sempat melihat beberapa kelas ketika kunjungan. Dia menyebut, Jokowi juga sempat bernostalgia dan mengatakan kalau sudah ada perubahan dan perbaikan di sekolah tersebut.

"Bapak meninjau kelas kelas anak tadi, beliau masuk di kelas 4-5 melihat bangunan di sekitar artinya mungkin sudah ada perbedaan seperti warung dulu sebelah sini sekarang sudah di sana," kata Leily di lokasi, Sabtu.

Sebagai angkatan 1973, menurut Leily, Jokowi bernostalgia dengan salah seorang guru. Narsih, guru SDN Tirtoyoso 111 adalah teman satu angkatan Jokowi ketika sedang sekolah.

"Angkatan tahun 73. Kan ada teman masa Bapak (waktu) kecil, Bu Narsih itu teman sekolah waktu SD, satu angkatan, teman satu kelas," kata Leily.

Menurut Leily, kunjungan tersebut merupakan pertama kalinya dilakukan Jokowi sejak menjadi presiden pada 20 Oktober 2014. Dia juga mengatakan, Jokowi sempat memberikan bantuan alat tulis kepada semua siswa.

"Bapak tadi memberikan anak anak bingkisan tas beserta alat tulis masing masing satu anak, satu perangkat semua siswa 152 siswa. Kalau dulu saat menjadi wali kota sudah menjadi ke sini kalau RI 1 baru sekarang," ucap Leily.

Sesudah itu, Jokowi mengunjungi SMPN 1 Solo hingga SMAN 6 Solo yang tertelak di Kecamatan Banjarsari. Ketiga sekolah itu terletak di Banjarsari, namun berbeda lokasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement