Sabtu 12 Oct 2024 15:12 WIB

Wacana PDIP Masuk Kabinet, Gibran Serahkan Putusan ke Prabowo

Presiden Jokowi ikut memberikan masukan terhadap pembentukan kabinet.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden terpilih Prabowo Subianto, wakil presiden terpilih Gibran  Rakabuming Raka.
Foto: Antara
Presiden terpilih Prabowo Subianto, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka beri komentar terkait wacana masuknya PDIP di kabinet era Prabowo Subianto dan dirinya. Ia mengaku menyerahkan semua putusan ke presiden terpilih, Prabowo Subianto. 

"Ya sekalian lagi untuk susunan kabinet kita serahkan ke pak presiden terpilih," kata Gibran ketika ditanya soal isu PDIP gabung kabinet, Sabtu (12/10/2024).

Baca Juga

Menurutnya Gibran siapa saja yang akan bergabung di kabinet kedepan sudah dipertimbangkan secara matang siapa saja yang akan masuk oleh Prabowo. Ia juga mengatakan menghormati keputusan Prabowo terkait kabinet.

"Saya yakin beliau sudah menimbang dengan matang, siapa-siapa yang akan masuk dan sekali lagi keputusan ada di pak presiden terpilih kita menghormati keputusan beliau kita loyal ke beliau," katanya.

Mantan wali kota Solo tersebut yakin Prabowo telah memilih orang terbaik untuk menempati posisi menteri. "Saya yakin nanti akan dipilih orang orang terbaik untuk menempati posisi posisi itu," katanya.

Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon menteri untuk pemerintahannya mendatang sudah berjalan lama.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan lama. Pimpinan-pimpinan partai koalisi mengajukan nama-nama yang akan kami pelajari," kata Prabowo ketika ditemui di kediaman pribadinya Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat.

Selain memantau, Prabowo juga telah sering mendiskusikan kapabilitas nama-nama calon menteri yang diusulkan bersama timnya. Ia mengatakan dari nama-nama calon menteri yang telah diterima, ada banyak sosok yang dikenal memiliki kapabilitas lebih.

"Saya harus akui, yang diajukan banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel, dan juga sebagian (nama) sudah lama kita pantau," ucapnya.

Jokowi beri masukanh

Sebelumnya Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan Presiden Jokowi ikut memberi masukan untuk kabinet di pemerintahan ke depan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement