Sabtu 12 Oct 2024 15:43 WIB

Malaysia Berpeluang Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi pada 2028

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Malaysia ditingkatkan dari 4,3 persen jadi 4,9 persen.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Pejalan kaki berjalan dengan latarbelakang  gedung-gedung bertingkat di Kuala Lumpur, Malaysia. Malaysia berpotensi meraih status negara berpenghasilan tinggi pada 2028, (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pejalan kaki berjalan dengan latarbelakang gedung-gedung bertingkat di Kuala Lumpur, Malaysia. Malaysia berpotensi meraih status negara berpenghasilan tinggi pada 2028, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malaysia berpotensi meraih status negara berpenghasilan tinggi pada 2028, didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari perkiraan dan penguatan mata uang. Hal ini disampaikan oleh Apurva Sanghi, ekonom utama Bank Dunia.

"Proyeksi pertumbuhan ekonomi Malaysia untuk 2024 telah ditingkatkan dari 4,3 persen menjadi 4,9 persen. Pertumbuhan yang lebih tinggi ini berdampak positif pada standar hidup masyarakat. Dengan penguatan ringgit, status berpenghasilan tinggi semakin dekat,” ujar Sanghi dikutip dari Aljazirah, Sabtu (12/10/2024).

Baca Juga

Saat ini, ekonomi Malaysia berada 12 persen lebih besar dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Hal ini menjadikannya unggul dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya, kecuali Singapura.

“Ini juga berarti Malaysia dapat mencapai status berpenghasilan tinggi seawal 2028-jika reformasi berlanjut dan didukung oleh faktor keberuntungan,” tambahnya melalui unggahan di platform X.

Sanghi mengingatkan pemerintah untuk fokus pada reformasi agar kemajuan tercapai. Ini termasuk mengurangi subsidi bahan bakar dan menangani masalah underemployment, di mana sekitar 2 juta warga Malaysia bekerja di bidang yang tidak sesuai kualifikasi mereka.

“Secara ringkas, ekonomi saat ini dalam kondisi baik. Namun, dapat menjadi lebih baik lagi jika kita menangani masalah underemployment yang mempengaruhi semangat jutaan pemuda Malaysia,” jelasnya.

Ekonomi Malaysia tumbuh 3,7 persen pada 2023, setelah mengalami ekspansi sebesar 8,7 persen pada tahun sebelumnya. Bank Dunia mendefinisikan negara berpenghasilan tinggi sebagai negara dengan pendapatan nasional bruto per kapita sebesar 14.005 dolar AS atau lebih, yang setara dengan sekitar Rp 213,6 juta.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement