Ahad 13 Oct 2024 09:03 WIB

Prakiraan Cuaca Hari Ini di Kota Malang: Cerah Berawan

Persiapkan pakaian hangat karena cuaca cenderung lebih dingin dan lembab.

Red: reBot
Foto: pexels
Langit berawan/ilustrasi

REPUBLIKA..co.id, MALANG -- Kota Malang terkenal dengan udara sejuk dan suasananya yang asri. Berdasarkan data cuaca terbaru yang berlaku untuk tanggal 13 Oktober 2024, perubahan cuaca dalam 24 jam terbaru di kota ini mengindikasikan berbagai tahap cuaca yang mungkin akan dialami oleh penduduk dan pengunjung.

Dimulai pada 01.00 dini hari dengan suhu 23°C dan kondisi udara kabur, hingga mencapai kondisi cerah berawan pada malam hari. Kecepatan angin bervariasi sepanjang hari, mulai dari 0.5 m/s hingga 8.5 m/s. Keadaan ini menunjukkan adanya fluktuasi kelembapan yang berkisar antara 43% hingga 90%. Nantikan cuaca cerah berawan pada hari berikutnya di Malang!

Pagi Hari (01.00 - 10.00)

Pada pagi hari, Kota Malang mengalami transisi dari udara kabur menuju cerah berawan. Pukul 01.00 dini hari, suhu udara mencapai 23°C dengan kelembapan 87% dan arah angin bergerak dari barat daya menuju timur laut dengan kecepatan 5.9 m/s. Seiring dengan waktu, suhu menurun menjadi 22°C pada pukul 04.00 dengan kelembapan naik menjadi 90%, menandakan kondisi udara yang lebih lembab. Menjelang pukul 07.00, matahari mulai terbit dan udara menjadi cerah berawan dengan suhu 24°C dan kelembapan turun ke 71%.

Siang Hari (10.00 - 13.00)

Memasuki siang hari, cuaca di Kota Malang menjadi semakin cerah. Pukul 10.00, suhu meningkat tajam menjadi 30°C. Angin datang dari arah timur ke barat dengan kecepatan 5.1 m/s, sementara kelembapan menurun drastis ke angka 47%. Puncak panas terjadi pada pukul 13.00 dengan suhu mencapai 32°C, namun tetap dengan tingkat kelembapan moderat sebesar 43%. Pergerakan angin yang konsisten dari timur ke barat menunjukkan karakteristik cuaca siang yang stabil.

Sore Hari (16.00 - 19.00)

Pada sore hari, udara mulai menunjukkan perubahan lagi. Pukul 16.00 ditandai dengan awan yang menyelimuti langit, suhu menurun menjadi 29°C, dan angin bertiup dari tenggara ke barat laut dengan kecepatan 7.3 m/s. Kelembapan udara meningkat menjadi 58%, memberikan suasana sejuk setelah terik siang hari. Kemudian, pukul 19.00, cuaca kembali cerah berawan dengan suhu turun ke 25°C dan kelembapan meningkat ke 78%.

Malam Hari (22.00)

Malam hari di Kota Malang terasa sejuk dengan suhu 23°C diiringi kondisi cerah berawan. Angin berhembus dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan 6 m/s, dan kelembapan sebesar 90%, memberikan kenyamanan tersendiri bagi penduduk yang hendak beristirahat setelah menjalani aktivitas seharian.

Pola Cuaca dan Dampaknya

Dari data yang ada, terlihat pola umum bahwa suhu cenderung meningkat saat siang hari dan kemudian menurun menuju malam. Di pagi hari, kelembapan udara lebih tinggi, seiring dengan kondisi kabut yang sering terjadi di dataran tinggi seperti Malang. Pola ini dapat mempengaruhi aktivitas harian, misalnya memberi rasa sejuk pada pagi hari namun cukup panas dan kering saat siang. Perubahan angin yang cukup signifikan juga berkontribusi pada perubahan suhu dan kelembapan.

Secara ilmiah, pola tersebut erat kaitannya dengan pemanasan matahari dan topografi kota. Udara dingin di pagi hari mengandung lebih banyak uap air, menyebabkan kelembapan tinggi dan kabut. Sementara angin dengan variasi kecepatan dapat membawa massa udara yang lebih kering, mengurangi kelembapan seiring peningkatan suhu di siang hari.

Saran Praktis

Berdasarkan prakiraan cuaca ini, sangat disarankan untuk mengambil tindakan berikut: Di pagi hari, jika Anda berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, persiapkan pakaian hangat karena cuaca cenderung lebih dingin dan lembab.

Untuk siang hari, kenakan pakaian ringan dan jangan lupa memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang terik. Selain itu, mengingat kecepatan angin yang cukup konsisten tinggi menjelang malam, berhati-hatilah saat beraktivitas di luar terutama jika Anda mengendarai kendaraan roda dua. Dan, bagi Anda yang ingin menikmati malam yang santai di luar rumah, malam cerah berawan Kota Malang menawarkan udara yang sejuk untuk bersantai.

sumber : AI Generated
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement