Sabtu 12 Oct 2024 19:39 WIB

Pilgub Jakarta, Pengamat: Sikap Anies Ditunggu

Dukungan Anies ke salah satu calon dinilai tak akan pengaruhi seluruh sikap pendukung

Rep: Bayu Adji P/ Red: Teguh Firmansyah
Tangkapan layar video pernyataan politik Anies Baswedan.
Foto: Youtube
Tangkapan layar video pernyataan politik Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih belum menentukan sikapnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Namun, bukan tidak mungkin Anies akan mendukung salah satu dari tiga pasangan calon (paslon) yang berlaga.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan sikap Anies sangat ditunggu oleh para paslon yang berkontestasi di Pilgub DKI Jakarta. Pasalnya, mantan gubernur itu memiliki basis pendukung yang cukup besar.

Baca Juga

"Ya soal dukungan Anies ini kan lagi ditunggu oleh beberapa paslon, terutama RK-Suswono dan Pramono-Rano," kata dia kepada Republika.co.id, Sabtu (12/10/2024).

Ia menambahkan, saat ini Anies masih belum menentukan pihak yang akan didukung di Pilgub DKI Jakarta. Namun, sebagian mantan tim Anies sudah banyak yang bergabung ke paslon Pramono Anung-Rano Karno. Kendati demikian, terdapat pula relawan Anies yang telah menyatakan dukungan kepada Ridwan Kamil-Suswono.

"Secara psikologis, kelihatannya dukungan pendukung Anies itu akan terbagi. Ada yang ke RK-Suswono, ada yang ke Pramono-Rano. Kelihatannya, banyaknya ke Pramono-Rano," kata dia.

Ujang mengatakan, apabila Anies tidak kunjung menyatakan sikap, pendukungnya akan terpencar ke beberapa paslon. Namun, jika Anies nantinya menyatakan sikap, kemungkinan sikap itu tidak akan memengaruhi seluruh pendukungnya.

"70 persen akan memilih kandidat yang didukung Anies, 30 persen mungkin bisa mendukung paslon lain. Ya karena bagaimanapun kalau sudah di lapangan, semua cair," ujar Ujang.

Sebelumnya, Juru Bicara Anies, Sahrin Hamid, mengatakan saat ini mantan calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu masih belum menentukan sikap terkait dukungannya di Pilgub DKI Jakarta. Namun, ada peluang Anies akan mendukung salah satu paslon yang berlaga di Jakarta.

"Saat ini belum. Untuk nantinya, iya," kata dia saat dikonfirmasi Republika.co.id, Sabtu.

Menurut Sahrin, Anies bisa mendukung salah satu paslon di Pilgub DKI Jakarta. Namun, Anies juga bisa mendorong semua paslon tanpa memihak salah satunya. "Sikapnya bisa memilih salah satu dari paslon atau mendorong semua calon. Kita tunggu saja," kata dia.

Ia menjelaskan, visi misi dari para paslon yang berlaga di Pilgub DKI Jakarta akan menjadi salah satu pertimbangan utama bagi Anies menentukan pilihannya. Selain itu, keberpihakan para paslon kepada warga miskin juga akan menjadi salah satu faktor bagi Anies menentukan pilihan. "Juga komitmen terhadap rakyat miskin di Jakarta," kata dia.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement