Ahad 13 Oct 2024 09:50 WIB

Direktur Sepak Bola Man City Txiki Begiristain Tinggalkan Klub, Hugo Viana Jadi Pengganti

Txiki Begiristain akan meninggalkan City setelah 12 tahun di klub.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Txiki Begiristain
Foto: EPA/LAURENT GILLIERON
Txiki Begiristain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City telah mengonfirmasi bahwa direktur sepak bola Txiki Begiristain akan meninggalkan klub pada akhir musim ini. Posisinya akan digantikan oleh Hugo Viana dari Sporting.

BBC Sport melaporkan pekan lalu bahwa Begiristain, 60 tahun, asal Spanyol, akan meninggalkan City setelah 12 tahun di klub Manchester tersebut.

Baca Juga

City merilis pernyataan pada Sabtu yang mengatakan bahwa klub tersebut telah menikmati masa-masa yang "penuh trofi" selama masa Begiristain bersama mereka. Sejak ia mengambil peran tersebut pada tahun 2012, City telah memenangkan tujuh gelar Liga Primer, Liga Champions untuk pertama kalinya, dua Piala FA, dan enam Piala Liga.

"Txiki akan meninggalkan jabatannya saat ini setelah keterlibatan klub dalam Piala Dunia Antarklub FIFA musim panas ini dan akan digantikan oleh Hugo Viana dari Sporting CP," tambah pernyataan tersebut.

"Viana akan memulai peran penuh waktunya pada musim panas 2025, tetapi akan bekerja sama dengan Txiki pada bulan-bulan sebelumnya untuk memastikan transisi yang lancar. Kami berharap dapat memberikan penghormatan atas kontribusi luar biasa Txiki bagi Manchester City pada akhir musim."

Begiristain berperan penting dalam mendatangkan Pep Guardiola ke klub sebagai manajer pada tahun 2016 Ia telah berulang kali dipuji oleh Guardiola atas pekerjaan yang telah ia lakukan di balik layar dengan perekrutan pemain City.

Berita tersebut muncul saat Guardiola memasuki bulan-bulan terakhir kontraknya saat ini. Juga dalam sepekan di mana telah ada putusan dalam kasus hukum City terhadap Liga Primer atas peraturan tentang kesepakatan komersial yang melibatkan pemilik klub, di mana kedua belah pihak mengklaim kemenangan.

Kasus tersebut tidak terkait langsung dengan komisi disiplin Liga Primer yang sedang menangani 115 tuntutan terhadap City karena diduga melanggar peraturan keuangannya, beberapa di antaranya terjadi sejak tahun 2009.

 

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement